Tompi: Musikus Milenial Kerap Terjebak Gaya Lagu Barat
TEMPO.CO | 10/05/2020 20:05
Tompi dan Desta memberikan keterangan dalam pemutaran perdana film Pretty Boys di XXI Epicentrum Cinema, Jakarta 16 September 2019. Film Pretty Boys menjadi debut Tompi sebagai sutradara. TEMPO/Nurdiansah
Tompi dan Desta memberikan keterangan dalam pemutaran perdana film Pretty Boys di XXI Epicentrum Cinema, Jakarta 16 September 2019. Film Pretty Boys menjadi debut Tompi sebagai sutradara. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.CO, Jakarta -Penyanyi Tompi berpendapat saat ini musikus muda kerap terjebak dengan gaya lagu-lagu barat, seperti Amerika Serikat. Ia pun mengajak musikus generasi muda untuk berani mengangkat budaya Indonesia untuk disematkan ke dalam lagu-lagunya.

"Sering anak-anak milenial sekarang terjebak dengan musik seperti (gaya) Amerika," kata Tompi, melalui siaran virtual Konser 7 Ruang, Sabtu malam, 9 Mei 2020.

Namun, penyanyi yang juga seorang dokter itu tak menampik bahwa hal tersebut lumrah untuk dilakukan sebagai bentuk mencari referensi yang lebih luas tentang gaya bermusik. "Itu bagus buat referensi, tapi jangan lupakan juga, kita punya khasanah musik yang cukup kaya," ujar Tompi.

Menurut Tompi, bumbu dan gaya Asia pun kerap dijumpai di beberapa karya dari musikus barat. Menurut dia, hal tersebut bisa dijadikan dorongan musikus Indonesia untuk berani menyematkan dan mempromosikan budayanya lewat lagu.Tompi bersama putrinya, Ayesha menghadiri perilisan single terbarunya It Starts From Home di M Bloc Space, Jakarta, 16 Januari 2020. Lirik It Starts From Home diciptakan sendiri oleh Ayesha. TEMPO//Nurdiansah

"Yang harus diyakini adalah suatu hal yang berbeda itu gampang diingat. Kalau kerjain musik R&B, susah buat bersaing di sana, tapi coba bawain jaipong pasti orang luar akan berpikir, 'wah apa nih'," kata personel Bali Lounge itu.

Tompi tampil dalam konser virtual bertajuk 7 Ruang pada Sabtu malam. Ia berkolaborasi dengan Tjut Nyak Deviana dan Yongky Vincent. Dalam konser itu, Tompi membawakan sejumlah lagu anak dengan aransemen baru, serta membawakan lagu-lagu miliknya.

Konser yang juga menggalang donasi untuk pekerja harian dan kru terdampak COVID-19 itu akan berlanjut pada Senin, 11 Mei 2020 dengan penampilan dari Judika dan Ario Wahab.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT