Najwa Shihab dan Duta Youtube Creators Kampanye Perubahan Sosial
TEMPO.CO | 13/06/2020 22:49
Najwa Shihab. Instagram.com
Najwa Shihab. Instagram.com

TEMPO.CO, Jakarta - Duta YouTube Creators for Change 2020 dari Indonesia merilis serangkaian video kampanye tentang isu-isu sosial yang pelik. Para Duta YouTube Creators itu adalah Najwa Shihab, Clarin Hayes, Menjadi Manusia, dan SkinnyIndonesian24.

Masing-masing duta punya isu yang mereka kampanyekan dan menyebarkannya melalui konten video di YouTube. "YouTube dibangun atas prinsip keterbukaan di mana semua orang layak untuk bersuara, dan kami yakin bahwa semua orang harus bisa menemukan komunitas pendukung, membuka perspektif, menginspirasi karya baru, serta menyatukan minat dan kepedulian," kata Ryan Rahardjo, Head of Public Affairs SEA, Google dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, para kreator ini diharapkan mendorong perubahan positif dan membangun empati untuk mewujudkan perubahan positif di masyarakat. Clarin Hayes misalkan, mengangkat tema tentang kekerasan online berbasis gender.

Ilustrasi menonton video di Youtube. (Pixabay.com)

Dia membuat video yang menceritakan kisah nyata seorang korban kekerasan online berbasis gender. Kisahnya tentang seorang gadis remaja yang menjadi korban pornografi balas dendam setelah putus dengan pacarnya. Gadis itu merasa tertekan dan hidupnya hancur. Dukungan dari berbagai pihak mampu memupuk kepercayaan diri dan semangat gadis tersebut untuk kembali meneruskan hidup.

Adapun Najwa Shihab mengangkat tema toleransi. Dia membuat konten teng bagaimana orang-orang yang menjadi korban ekstremisme, konflik, dan stereotipe berjuang mengatasi trauma. "Salah satu nilai yang dianggap penting untuk terus digaungkan lebih kencang hari-hari ini adalah toleransi.” ujar Najwa Shihab yang juga salah satu pendiri Narasi TV.

Sementara SkinnyIndonesian24 dan Menjadi Manusia akan mengetengahkan tema cyberbullying. Kendati temanya sama, mereka mengangkat cerita yang berbeda. SkinnyIndonesian24 menitikberatkan pada pendidikan dengan mewawancari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Sedangkan Menjadi Manusia menceritakan cita-cita seorang anak yang belum apa-apa sudah disudutkan banyak pihak di dunia maya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT