Jerinx SID Siap Salaman dengan Pasien Positif Covid-19 Tanpa APD
TEMPO.CO | 14/06/2020 08:29
Jerinx SID. (Instagram - @jrxsid)
Jerinx SID. (Instagram - @jrxsid)

TEMPO.CO, Jakarta -Setelah ditantang oleh salah satu dokter untuk bertemu dengan pasien positif Covid-19 tanpa mengenakan APD, Jerinx SID akhirnya menerimanya. Jerinx langsung menyampaikannya melalui Direct Message kepada dokter bernama Dewa yang kemudian ia unggah di Instagramnya pada Jumat, 12 Juni 2020.

"Siang Dok, saya terima tantangan anda. Kapan dan di mana saya bisa ketemu pasien positif CV19? Saya ingin bersalaman dengan mereka tanpa APD," tulis penggebuk drum grup band Superman is Dead itu kepada Dokter Dewa.

Pesan tersebut langsung direspons dan terlihat di tangkapan layar yang diunggah di Instagram Dokter Dewa. Ia menyatakan kalau tidak masalah jika Jerinx mau melakukan hal tersebut. "Sekarang tergantung protokol masing-masing rumah sakit seperti apa. Jika diijinkan oleh RS ya silahkan bli," tulis Dokter Dewa.

Ia tidak tahu pasti bagaimana situasi rumah sakit di Bali karena Dokter Dewa saat ini berada di Surabaya. Jerinx yang awalnya mengira Dokter Dewa berada di Bali akhirnya bertanya apakah ada kenalan rumah sakit yang bisa memfasilitasi karena ia menyatakan kalau siap kapan saja. Dokter Dewa pun menyetujuinya dan akan mengabarkan jika ada dan memungkinkan.

Usai percakapan tersebut, Dokter Dewa membahas ragulasi untuk bertemu dengan pasien Covid-19. Menurutnya aksi Jerinx untuk bertemu dengan pasien Covid-19 akan terhalang oleh peraturan perundang-undangan serta kode etik yang mengikat dokter dan rumah sakit. Sebagai contoh Dokter Dewa menunjukan pasal 29 ayat (1) huruf K UU no. 4 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jerinx SID dan istrinya, Nora Alexandra. Instagram/@jrxsid

"Dengan demikian protokol di RS tidak akan memungkinkan bagi siapapun, dan dengan dalih apapun (sebesar apapun nyalinya), untuk mendatangi pasien Covid-19 karena bertentangan dengan peraturan yang ada," tulis Dokter Dewa di Instagram Storynya. Di luar profesinya sebagai dokter, ia tidak akan menghalangi jika tantangan tersebut dilakukan.

Usai unggahan tersebut, Jerinx bereaksi. "Tak semua Dokter itu licik, manipulatif dan sok paling pahlawan. Contohnya? Ya tentu saja bukan Dokter ini. Dia yang nantang, dia yang ngeles, berlindung di ketiak UU. Bilang aja takut konspirasi kalian kebongkar!" tulis Jerinx di Instagramnya.

Bermula dari salah satu netizen yang berkomentar, menyarankan supaya Dokter Dewa memberikan kesempatan bagi Jerinx untuk bertemu OPD tanpa menggunakan APD. Kemudian Dokter Dewa menanggapi komentar tersebut dan mengatakan, "Loh jangan ODP donk, yang positif sekalian." Ternyata Jerinx melihatnya dan langsung menerima tantangan dari Dokter Dewa. Jerinx SID langsung meminta nama rumah sakit yang bisa memenuhi tantangan tersebut.

MARVELA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT