Eks Suami Laudya Cynthia Bella: Lathi Challenge Rusak Akidah
TEMPO.CO | 05/07/2020 20:49
Engku Emran merupakan seorang duda yang telah bercerai tiga tahun lalu. Bella dikabarkan telah bertemu dengan putri Emran yang berusia delapan tahun. Instagram.com/@Iamkumbre
Engku Emran merupakan seorang duda yang telah bercerai tiga tahun lalu. Bella dikabarkan telah bertemu dengan putri Emran yang berusia delapan tahun. Instagram.com/@Iamkumbre

TEMPO.CO, Jakarta - Engku Emran, mantan suami Laudya Cynthia Bella ikut berbicara tentang Lathi Challenge yang dianggap sebagian warga Malaysia perbuatan syirik. Ia memang tidak secara langsung mengutarakan, melainkan merangkum khutbah Salat Jumat pada Jumat, 3 Juli 2020. 

Ada 13 inti sari khutbah Salat Jumat di Masjid At Taqwa, Kuala Lumpur saat ia beribadah. Khatib menyinggung soal perkembangan terakhir di berbagai aplikasi media sosial seperti TikTok  yang lagi disukai anak muda. 

"Mereka mempersembahkan tarian-tarian yang menggairahkan dengan diiringi pelbagai genre musik. Paling menakutkan adalah unsur-unsur syirik dan pemujaan yang jelas merusakkan akidah, seperti Lathi Challenge yang lagi ramai dilakukan remaja dan dianggap hiburan dan permainan semata," tulis Engku Emran pada unggahan di akun Instagramnya. 

Bos televisi di Malaysia itu mengingatkan anak muda untuk menjauhi bermain Lathi Challenge. "Ingatlah perbuatan tersebut jelas bertentangan dengan akidah dan syariah. Kesannya mereka yang terlibat telah terjerumus dalam kebinasaan dan kecelakaan," tulisnya.

Video klip Lathi feat Sara Fajira. Youtube

Sebenarnya, yang ditulis Engku Emran soal kontroversi Lathi Challenge di Malaysia sudah telat sebulan. Lathi Challenge  terinspirasi dari video dari lagu Lathi milik Weird Genius yang digawangi Reza Oktovian alias Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Sejak tayang di YouTube pada 26 Maret 2020, video lagu terbaru hasil kolaborasi Weird Genius dengan Sara Fajira itu sudah ditonton lebih dari 70 juta kali.

Pada awal bulan lalu, pendakwah negeri jiran yang bernama Wan Dazrin meminta anak muda tak ikut-ikutan membuat Lathi Challenge lantaran dianggap bertentangan dengan agama. 

"Hentikan ‘#LathiChallenge‘ sekarang juga. Sesungguhnya tarian2 yg kalian lakukan itu sgt merbahaya utk dijadikan hiburan. Ketahuilah kalian tarian itu wujud dari sesetengah budaya Jawa yg syirik & khurafat. Seperti memanggil Kuntilanak serta Roh Kuda Kepang. Tolong hentikannya!" cuit Wan Dazrin di akun Twitternya pada Kamis, 4 Juni 2020. 

Menurut Wan Dazrin, Lathi Challenge tak cuma menakutkan, tapi juga mengancam jati diri seorang muslim.

"Bahkan bukan menakutkan shj, hiburan yg seperti itu cukup mengancam jati diri seorang Muslim dgn bahayanya syirik & khurafat yg wujud dari kepercayaan tarian tradisi sesetengah budaya Jawa yg sgt kuat kepercayaan pd bomoh dgn ilmu hitam. Hati2lah kalian," cuit Wan Dazrin.

Cuitan Wan Dazrin mendapat respons negatif, terutama dari netizen Indonesia. Wan Dazrin dianggap telah menghina budaya Jawa. Sadar kicauannya di Twitter memancing kemarahan, Wan Dazrin lalu membuat permohonan maaf secara terbuka. Permintaan maaf itu disampaikan akun Twitter-nya pada Sabtu, 6 Juni 2020. “Permohonan Maaf Terbuka Kpd Orang2 Jawa,” tulis Wan Dazrin mengawali pernyataannya.

Adapun Engku Emran sendiri, sejak rumah tangganya dikabarkan bermasalah hingga Bella mengabarkan sudah bercerai, memilih membatasi komentar di setiap unggahannya. 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT