Sutradara Black Swan Beri Tips Penting Saat Ingin Menulis Naskah Film
TEMPO.CO | 25/11/2020 16:38
Sutradara dan penulis naskah film Hollywood, Darren Aronofsky dalam bincang-bincang Mola Living pada Selasa 24 November 2020/ANTARA
Sutradara dan penulis naskah film Hollywood, Darren Aronofsky dalam bincang-bincang Mola Living pada Selasa 24 November 2020/ANTARA

TEMPO.CO, JakartaSutradara dan penulis naskah film Hollywood, Darren Aronofsky, mengatakan bahwa jujur dalam berkarya, dan peka dengan kehidupan adalah beberapa hal penting yang harus dimiliki dan dilakoni pembuat film, termasuk penulis naskah dalam menuliskan cerita.

Pembuat film muda, bagi dia, merupakan sesuatu yang selalu ia nanti karena menghadirkan kisah dan perspektif baru, dan menginspirasinya untuk terus berkarya. "Saya selalu mendorong pembuat film muda untuk mengisahkan cerita yang dekat dengan kehidupan. Lihat sekelilingmu, orang-orang yang membuatmu senang, membuatmu menangis, dan membuatmu menjadi manusia. Berikan 'lampu sorot' itu untuk mereka," kata Aronofsky dalam siaran virtual, Selasa 24 November 2020.

Sutradara Black Swan itu menambahkan, dengan memposisikan diri sebagai seorang manusia biasa terlebih dahulu sebelum akhirnya menuangkan ke bentuk naskah atau film, nantinya semakin bisa menimbulkan kedekatan emosional di sebuah karya. "Tidak penting apakah itu sebuah kisah yang besar atau kecil, kalau kita humanis dan jujur, maka akan lebih mudah meraih penonton. Jadi, ceritakan kisahmu, fokus dan kerjakanlah hal itu," kata dia.

"Karena, pada dasarnya, film itu tak hanya untuk menghibur, tapi bagaimana kita akhirnya mampu berkontribusi untuk masyarakat dengan membagikan nilai," katanya.

Lebih lanjut, Aronofsky tak mengelak bahwa menulis naskah film bisa sangat tricky, sulit, dan melelahkan apalagi saat mengadaptasi naskahnya ke bentuk film. Maka, materi kisah pun ia nilai harus kuat agar bisa merangkul semua orang termasuk kru dan pemain film. "Ini adalah pekerjaan yang sangat sulit. Kita harus secara konstan menghadapi orang-orang yang berkata 'tidak' kepada kita berkali-kali. Jika saya tidak percaya dengan diri dan materi (kisah) saya, ya nantinya tidak lanjut," kata sutradara "Mother!" itu.

Ia juga membagikan kiat untuk merangkul kru dan pemain film untuk bekerja bersama, karena film merupakan kerja tim. Melibatkan semua orang secara aktif adalah salah satu hal penting baginya. "Jika kita masuk ke sebuah proyek dengan ambisi dan berani melakukan gebrakan, maka semangat itu akan menular ke kru dan pemain untuk melakukan sesuatu yang berbeda, dan mengambil risiko bersama," kata Aronofsky.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT