Dewi Perssik Baca Al-Quran, Netizen Soroti Napasnya Seperti Ngos-ngosan
TEMPO.CO | 07/05/2021 08:45
Dewi Perssik mengunggah video sedang mengaji. Foto: Instagram
Dewi Perssik mengunggah video sedang mengaji. Foto: Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Penyanyi Dewi Perssik mengunggh video sedang membaca Al-Quran di Instagram. Memakai mukena berwarna putih, istri Angga Wijaya ini menunjukkan kemampuannya mengaji.

"Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat serendah-rendahnya (surat at tin)," tulis Dewi Perssik sebagai keterangan video yang diunggah pada Selasa, 4 Mei 2021.

Sejumlah warganet yang menyimak cara Dewi Perssik mengaji memberikan komentar kalau napasnya seperti terengah-engah. "Kenapa tampak ngos-ngosan mbak?" tulis akun @abdullah.mansur.new di kolom komentar. Dewi Perssik yang tidak merasa demikian balik bertanya, "masak? Yang mananya say?" sambil menambahkan emotikon tersenyum.

Komentar senada juga disampaikan oleh netizen lainnya. Mereka menasihati Dewi Perssik tentang bagaimana cara mengambil napas dan memenggal bacaan Al-Quran. "Jika napasnya enggak kuat dan ingin ambil napas, hendaklah diulang bacaan yang sebelumnya. Enggak boleh baca Al-Quran dengan napas yang terengah-engah, jadi bacaannya terputus-putus gitu," tulis @zart_nay.

Kembali Dewi Perssik membalas komentar netizen tersebut. "Perasaan saya enggak terengah-engah tuh. Terputusnya di huruf apa ya? Biar saya komplain sama yang mengajarkan saya?," tulisnya. "Bacaan mana yang terputus? Dan harus dibaca dimulai dari mana menurut kamu? Dan yang benar seperti apa?"

Menurut akun @zart_nay, Dewi Perssik terlalu banyak menghela napas. Kemudian akun @ade_riantini mengatakan kalau suara mengaji Dewi Perssik terdengar seperti sesak napas. "Alhamdulillah enggak sesak mba. Memang karakter vokal saya begitu," tulis Dewi Perssik.

Warganet lain mengingatkan Dewi Perssik tidak perlu meladeni kritik terkait caranya mengaji. Namun Dewi Perssik merasa hal itu perlu diluruskan sehingga tidak menjadi salah paham. "Bukan masalah peduli, karena saya harus tahu yang di mana salahnya, sehingga tidak terulang. Guru saya yang salah atau bagaimana?" tulis mantan istri Aldi Taher ini.

Netizen mengatakan membaca Al-Quran berbeda dari membaca buku yang bisa berhenti di mana saja. Dalam membaca Al-Quran ada aturan yang perlu diperhatikan, seperti pada bagian tertentu harus dilakukan dalam satu kali tarikan napas dan tidak boleh terputus. "Boleh terputus apabila mengambil napas istilah curi-curi napas kalau qiroat say," tulis Dewi Perssik.

Meski dikritik, unggahan video mengaji Dewi Perssik tetap banjir pujian. "Masyaallah semangat terus belajar Quran kak Dewi. Keren nih, enggak menunggu sempurna baru mengaji, tapi mengaji dari sekarang sambil menyempurnakan," tulis Syakir Daulay di kolom komentar.

Baca juga:
Geram, Dewi Perssik Pamerkan Akun-akun yang Menyebutnya Pelakor


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT