Ogah Beli Tas Rp 30 Juta, Cinta Laura Pilih Sekolahkan Anak Tak Mampu
TEMPO.CO | 31/05/2021 12:24
Cinta Laura/Instagram/@claurakiehl
Cinta Laura/Instagram/@claurakiehl

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Cinta Laura kembali menjadi sorotan dengan prinsip hidupnya yang sederhana. Penjelasannya untuk tidak mengumbar kemewahan dan memilih berbagi harta kepada orang saat menjadi tamu di kanal Youtube milik Gritte Agatha dan ditayangkan pada Jumat, 28 Mei 2021 membuat kata kunci Cinta Laura memuncaki trending topic di Twitter, Senin, 31 Mei 2021. 

"Aku dari kecil diajari untuk melihat semuanya dari perspektif yang luas. Aku suka barang-barang yang bagus dan aku suka yang mahal tapi aku merasa bersalah kalau beli sesuatu yang baru atau mahal," kata Cinta Laura. 

Perempuan berayah Jerman dan beribu orang Indonesia ini mencontohkan, saat membeli tas bermerek berharga Rp 30 juta. "Bayangkan berapa keluarga atau anak yang bisa aku sekolahin atau kasih makan dengan uang Rp 30 juta," ucapnya. 

Gadis lulusan Columbia University, Amerika Serikat itu merasa tak sepadan memiliki uang Rp 30 juta hanya untuk membeli sebuah tas. Bahkan, untuk membeli baju dengan harga di bawah Rp 1 juta itu, Cinta masih berpikir ulang. 

Cinta Laura. Instagram.com/@claurakiehl

"Aku masih memikirkan staf aku di rumah, mbak aku, sopir aku gajinya segini setiap bulan, dengan aku beli baju lima, sepuluh itu sudah mendekati gaji mereka. Aku merasa jahat, sangat merasa jahat," ucapnya. 

Prinsip hidup hemat dan berbagi inilah yang membuatnya dihujani ribuan pujian dari netizen. Cuitan mengagumi Cinta Laura sampai memeriahkan linimasa di Twitter hingga 1.700an cuitan secara bersamaan.

"Cinta Laura hebat, kepikiran sampai segitu. Emang definisi kepuasan tiap orang tuh berbeda-beda. Kalau aku beli apa yang pengen aku beli pakai gajiku sendiri daripada nyesel gak beli," cuit @meses_curah. "Jarang lho nemuin orang yang hatinya hidup. Selalu mikirin orang yang kekurangan di luar sana dan bertindak untuk mereka. Alhamdulillah Cinta Laura adalah salah satu orang yang memiliki hati hidup seperti ini. Padahal kalau dia mau jajan setiap hari barang branded mah bisa-bisa aja," cuit @milkymatcha3.

Sebenarnya, tak mengherankan bagi Cinta Laura atas sikapnya yang berhemat dan memilih untuk tidak membelanjakan harta demi kesenangannya semata ini. Sudah banyak yang mengetahui gadis 27 tahun ini memiliki yayasan yang bernama Soekarseno Foundation yang didirikan oleh keluarga besar Cinta. Yayasan ini membuat sebelas sekolah dan menggratiskan untuk anak-anak kurang mampu. Cinta Laura sendiri turut mengajar Bahasa Inggris di sekolah-sekolah itu. 

Baca juga: Hari Kartini Bagi Cinta Laura: Perempuan Harus Percaya Diri, Berani Berekspresi

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT