Psikolog Cermati Persoalan Krisdayanti dengan Anak-anaknya, Sehatkah Curhat di Sosmed?
SUKABUMIUPDATE.COM | 10/06/2020 16:25
Psikolog Cermati Persoalan Krisdayanti dengan Anak-anaknya, Sehatkah Curhat di Sosmed?

SUKABUMIUPDATE.com - Drama keluarga Krisdayanti atau KD dengan kedua anaknya, Aurel dan Azriel Hermansyah, memasuki babak baru. Bermula dari komentar Aurel di foto Lebaran keluarga Krisdayanti hingga teka-teki Instagram Story Raul Lemos, disambung dengan unggahan isi percakapan Whats App KD dengan Aurel Hermansyah di Instagram.

Perseteruan Krisdayanti dengan Aurel dan Azriel Hermansyah menjadi sorotan warganet. Banyak yang menyayangkan karena konflik keluarga ini harus diungkap di media sosial yang merupakan ruang publik. Tentu ada konsekuensi yang harus mereka terima. 

"Kehidupan keluarga akan terlihat terang benderang di mata publik, sehingga kita lagi punya privasi, membuka peluang pada publik untuk memberikan penghakiman atas kasus yang dihadapi, dan kita seolah menjadi tersangka yang dianggap salah," kata dia saat dihubungi Tempo.co, Senin, 8 Juni 2020 

Ia menambahkan, banyaknya komentar yang beraneka ragam, orang yang terlibat konflik akan mengalami kesulitan untuk berpikir jernih dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Akibatnya, masalah jadi bertambah panjang. 

"Anak bisa mengalami gejala gangguan tidur, gangguan makan, dan sulit konsentrasi. Belum lagi beban pikiran dan kesulitan memusatkan perhatian, maka bisa terjadi masalah dalam proses belajarnya di sekolah," ucapnya.

Risiko lain terkait dengan kualitas hubungan sosial. Anak mungkin menjadi malu dan menarik diri dari interaksi sosial. Enggan bertemu teman dan merasa tidak percaya diri ketika muncul di depan publik.

Anak juga bisa kehilangan respek pada orang tua yang sedang berkonflik karena memberikan contoh yang membuat anak tidak nyaman. Dalam kondisi perselisihan yang berat, anak bisa mengalami trauma atas konflik yang dihadapi dengan orang tuanya.

sumber: tempo.co


BERITA TERKAIT