Tempat Pengungsian Semeru Jadi Lokasi Syuting, Pemain Sinetron TMTM Dihujat
BACAINI.ID | 26/12/2021 08:04
Tempat Pengungsian Semeru Jadi Lokasi Syuting, Pemain Sinetron TMTM Dihujat
 

Bacaini.id, LUMAJANG – Warga Kabupaten Lumajang ramai-ramai menghujat crew dan pemain sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda (TMTM). Mereka dinilai tidak etis saat memanfatakan musibah letusan Gunung Semeru sebagai lokasi syuting.

Kecaman ini bermula dari unggahan akun Instagram relawan Semeru @Cakyo_Saversemeru yang mengunggah foto adegan mesra yang diperankan Rebecca Tamara dan Leo Consul. Ironisnya, adegan dewasa itu dilakukan di tempat terbuka dan disaksikan anak kecil di balik tenda pengungsi Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Postingan itu juga dibumbui narasi yang mengkritik produser film. Dia menilai produser film tidak memiliki empati, di mana lokasi bencana malah dimanfaatkan sebagai objek drama. “Ini bencana, bukan drama. Jangan jadikan bencana sebuah drama,” tulisnya.

Postingan itu menuai beragam reaksi dari warganet. Mulai kritikan hingga ajakan memboikot tayangan tersebut.

“Lumajang masih dalam suasana berkabung. Mayat saudara-saudara kita yang terkubur material Semeru masih dalam harapan bisa ditemukan. Tim Anda datang ke pengungsian hanya untuk shooting film. Ditambah lagi aktor dan aktrisnya beradegan pelukan di depan anak-anak. Sungguh sangat menyakiti hati kami,” tulis akun @lumajang.ku.

Komandan Pusat Pengendali Operasi Satgas Semeru, Mayor Inf Muhamad Tohir saat dikonfirmasi membenarkan hal ini. Dirinya menyayangkan atas produser film yang tidak berkoordinasi dengan Satgas. Meski dalam hal ini pihak produser mengaku telah mengantongi izin disposisi dari Pemkab Lumajang, tetap saja harus berkoordinasi dengan Satgas Bencana. ”Apalagi ini masih dalam status waspada,” tegas dia.

Selaku penanggung jawab keamanan, dia tidak mengizinkan produser film menayangkan adegan dengan latar belakang tenda pengungsian. ”Kami minta adegan syuting di lokasi bencana untuk di-cut karena dinilai tidak etis,” tegasnya.

Tak hanya produser film, lanjut Tohir, aktris pemeran sinetron TMTM, Rebecca Tamara juga mengunggah tulisan permintaan maaf di akun instagram pribadinya.

”Saya minta maaf telah mengecewakan banyak pihak. Dari sini saya semoga bisa belajar untuk memahami kondisi. Saya mengakui kesalahan saya dan mohon maaf sebesar²nya,” tulisnya dalam akun instagram pribadinya.

bacaini.id

 


BERITA TERKAIT