Timnas U-22: Debut Pemain Terbaik Liga U-19 di Pelatnas
TEMPO.CO | 14/01/2019 20:25
Indra Sjafri memimpin latihan Timnas U-22 Indonesia. ANTARA/Putra Haryo Kurniawan
Indra Sjafri memimpin latihan Timnas U-22 Indonesia. ANTARA/Putra Haryo Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - Syafril Lestaluhu menjalani debut pertamanya bergabung dalam pemusatan latihan di tim nasional Indonesia di bawah usia 22 tahun atau Timnas U-22 pada pekan ini, Januari 2019. Namun, pemain yang memperkuat Persib Bandung U-19 itu tidak sendiri.

Ada dua pemain baru lainnya yang dipanggil pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri ke Jakarta, yakni Jayus Hariono (Arema FC) dan Nadeo Argawinata (Borneo FC). Kedatangan ketiga pemain itu menggantikan tiga pemain lainnya yang dipulangkan, yakni Hilman Syah (PSM Makassar), Dalmiansyah Matutu (Arema FC), dan Yoga Pratama (PSIM Yogyakarta).

Pelatih Indra Sjafri mengatakan tak sembarangan memanggil dan memulangkan pemain yang berada dalam daftar skuatnya. Menurut dia, pemain yang hadir di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) mempunyai kualitas bagus. "Materi pemain semua sama. Pertimbangannya hanya kualitas," kata Indra di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Syafril merupakan kapten tim Persib Bandung saat mengarungi kompetisi Liga Indonesia U-19. Bersama rekan-rekannya, pemain asal Tulehu, Maluku, itu sukses merebut trofi gelar juara Liga 1 U-19 tahun lalu. Syafril yang berposisi sebagai gelandang bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik. "Saya bersyukur diberi kesempatan bergabung latihan Timnas," ucapnya.

Di posisi lini tengah Indra Sjafri memanggil 16 orang. Syafril menyatakan semua pemain mempunyai kualitas yang sama. Berbeda dengan di klub di mana kemampuan pemain relatif tidak merata. Ia pun menyatakan siap bersaing selama proses latihan berjalan. Menurut dia, sepak bola merupakan kompetisi dan tak lepas dari iklim persaingan. "Jadi enjoy saja. Kiat saya harus lebih fight," kata Syafril.

ADITYA BUDIMAN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT