Jadwal Piala FA Malam Ini: Prediksi Newport Vs Manchester City
TEMPO.CO | 16/02/2019 15:25
Pemain Manchester City, Phil Foden melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Rotherham dalam pertandingan babak ketiga Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, 7 Januari 2019. Action Images via Reuters/Jason Cairnduff
Pemain Manchester City, Phil Foden melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Rotherham dalam pertandingan babak ketiga Piala FA di Etihad Stadium, Manchester, 7 Januari 2019. Action Images via Reuters/Jason Cairnduff

TEMPO.CO, Jakarta - Kompetisi Piala FA malam ini akan menyajikan laga Newport County vs Manchester City. Pertandingan akan berlangsung Ahad dinihari WIB, mulai 00.30 WIB.

Kedua tim ini bagai bumi dan langit. Laga kedua tim terlihat jomplang. City berada di posisi teratas klasemen sementara kompetisi kasta satu Inggris. Newport? Sori. Mereka adalah tim penghuni klasemen ke-15 Liga Dua, atau terpaut tiga tingkat di bawah Liga Primer.

Baca: Jadwal Bola Sabtu Malam Ini: Barcelona, Manchester City, AC Milan

Itu sebabnya, sejumlah media Inggris memprediksi Manajer Josep Guardiola akan menurunkan lebih banyak pemain mudanya. Apalagi, empat hari kemudian, City harus sudah sampai di Jerman, tepatnya di stadion Veltins-Arena, kandang Schalke 04, untuk duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Rotasi tak bisa dihindarkan. Guardiola akan menyimpan pemain-pemain bintangnya agar tetap bugar saat bertanding melawan Schalke. Media-media Inggris pun penasaran seperti apa komposisi yang akan dimainkan Guardiola.

Maklum saja, Guardiola terkenal tak ramah dengan talenta muda City. Pelatih 48 tahun itu lebih sering memainkan pemain senior lapis dua ketimbang pemain junior. Padahal, ketika masih menjadi Manajer Barcelona pada 2008-2012, Guardiola sangat welcome pada pemain muda.

Kondisi ini membuat dua pemain muda berbakat Manchester City, Jadon Sancho dan Brahim Diaz, memilih hengkang dari Etihad. Sancho memilih pergi ke Borussia Dortmund pada 2017.

Langkah pemuda 18 tahun itu tepat. Musim ini, Sancho jadi bintang anyar Dortmund. Pemain sayap kanan itu sukses mengemas 8 gol dan 13 assist dalam 29 laga di semua kompetisi.

Adapun Diaz baru meninggalkan Etihad pada Januari lalu. Pemain 19 tahun itu dibeli Real Madrid dengan harga 17 juta euro atau sekitar Rp 289 miliar.

Pemain Spanyol tersebut tak tahan lama-lama duduk di bangku cadangan. Sejak musim 2017/2018 hingga pertengahan 2018/2019, Diaz tercatat baru tampil 49 menit di Liga Primer Inggris.

Selanjutnya: Phil Foden yang Sensasional

Tentu masih banyak pemain bertalenta bagus yang bertahan. Salah satunya adalah gelandang Phil Foden. Pemain 18 tahun itu menyebut perjuangan menembus tim inti City sangatlah berat.

Bisa dibilang Foden adalah pemain muda yang paling beruntung di City. Pemain asli didikan akademi Manchester City itu dipercaya tampil 19 kali dalam semua kompetisi musim ini. Meski faktanya ia lebih sering menjadi pemain pengganti.

Namun Foden tak menyerah. Ia masih optimistis bisa membuat Guardiola terpukau melihat aksinya di lapangan. “Saya melihat masa depan saya ada di sini. Saya akan berusaha maksimal jadi pemain langganan tim inti,” kata dia.

Setidaknya Foden sempat bikin Guardiola tersenyum di laga City melawan Rotherham United di babak ketiga Piala FA pada 7 Januari lalu. Saat itu Foden menyumbang satu gol dalam pesta kemenangan 7-0. Setelah itu Guardiola berpesan kepada Foden untuk bersabar dan tetap berfokus memperebutkan posisi di tim inti.

Sebenarnya hal itulah yang membuat bekas Manajer Bayern Muenchen tersebut seperti alergi terhadap pemain muda. Dia berharap agar mereka bersabar. Alur seleksi yang ketat mencegah mereka menjadi pemain instan.

“Pasti ada waktunya pemain muda mendapat kesempatan bermain. Bukan cuma City yang pelit memberikan menit bermain untuk pemain junior. Klub-klub top Eropa pun melakukannya. Intinya, mereka butuh waktu, itu alamiah,” kata Guardiola.

Dia pun memberikan contoh gelandang serang City, David Silva, saat memulai kariernya. Saat bermain di Valencia, Silva harus dipinjamkan ke Eibar dan Celta Vigo untuk menambah jam terbang.

“Jadi butuh pengorbanan dan kesabaran besar untuk menjadi David Silva yang sekarang. Memang kadang ada pemain junior yang sabar dan percaya dengan klubnya, namun ada juga yang tak sabar dan memilih hengkang,” kata pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

Selanjutnya: Bahaya dari Newport

Kembali ke laga City melawan Newport. Boleh saja Guardiola memainkan pemain-pemain mudanya. Namun ia harus ingat bahwa Newport tampil keras dalam Piala FA musim ini.

Buktinya, mereka sukses menyingkirkan tim Liga Primer Leicester City di babak ketiga dengan skor 2-1. Kemudian tim yang bermarkas di selatan Wales itu sukses menyingkirkan tim Divisi Championship Middlesbrough 2-0.

Sebenarnya skuad Newport terbilang ala kadarnya. Namun semangat juang mereka yang di atas rata-rata.

Bermain sebagai tim kasta rendah membuat mereka tak takut melawan tim mana pun, termasuk Manchester City, Ahad nanti. Walhasil, Guardiola harus waspada, sembari menyiapkan strategi jitu mengalahkan Newport.

Selanjutnya: 7 Bintang Muda Man City

Pasukan Muda The Citizens

Ian Poveda (19 tahun)
Posisi: penyerang
Kebangsaan: Inggris, Kolombia
Penampilan: Manchester City (main 1, gol 0, assist 0), Manchester City U-23 (main 32, gol 9, assist 5)

Oleksandr Zinchenko (22 tahun)
Posisi: bek kiri
Kebangsaan: Ukraina
Penampilan: Manchester City (main 27, gol 1, assist 4)

Eric Garcia (19 tahun)
Posisi: bek tengah
Kebangsaan: Spanyol
Penampilan: Manchester City (main 3, gol 0, assist 0), Manchester City U-23 (main 8, gol 0, assist 1)

Philippe Sandler (22 tahun)
Posisi: bek tengah
Kebangsaan: Belanda
Penampilan: Manchester City (main 2, gol 0, assist 0), Manchester City U-23 (main 5, gol 0, assist 0)

Phil Foden (18 tahun)
Posisi: gelandang
Kebangsaan: Inggris
Penampilan: Manchester City (main 29, gol 3, assist 3)

Felix Nmecha (18 tahun)
Posisi: gelandang serang
Kebangsaan: Inggris, Jerman
Penampilan: Manchester City (main 1, gol 0, assist 0), Manchester City U-23 (main 16, gol 4, assist 3)

Luke Bolton (19 tahun)
Posisi: sayap kanan
Kebangsaan: Inggris
Penampilan: Manchester City U-23 (main 17, gol 4, assist 3)

Taylor Richards (18 tahun)
Posisi: gelandang
Kebangsaan: Inggris
Penampilan: Manchester City U-23 (main 29, gol 6, assist 1).

Selanjutnya: Susunan Pemain dan jejak Kedua Tim

Prediksi Susunan Pemain
Newport County (3-5-2): Day; Demetriou, O'Brien, Poole
Butler, Labadie, Bakinson, Bennett, Willmott; Matt, Amond

Manchester City (4-3-3): Muric; Zinchenko, Eric Garcia, Sandler, Danilo; de Bruyne, Gundogan, Foden; Poveda, Jesus, Mahrez.

Langkah Newport di Piala FA:

Babak Pertama
Metropolitan Police 0-2 Newport
Babak Kedua
Wrexham 0-0 Newport
Newport 4-0 Wrexham
Babak Ketiga
Newport 2-1 Leicester City
Babak Keempat
Middlesbrough 1-1 Newport
Newport 2-0 Middlesbrough

Langkah Manchester City di Piala FA:

Babak Ketiga
Manchester City 7-0 Rotherham
Babak Keempat
Manchester City 5-0 Burnley


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT