Kata Pelatih Bayern Munchen, Leipzig Bisa Juara Bundesliga
TEMPO.CO | 30/12/2019 19:58
Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, pengganti Niko Kovac yang dipecat manajemen. (Foto: Antara)
Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, pengganti Niko Kovac yang dipecat manajemen. (Foto: Antara)

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, menilai RB Leipzig memiliki potensi besar untuk menjuarai Liga Jerman atau Bundesliga. "Dari semua rival kami, Leipzig memiliki potensi terbesar dan opsi paling banyak," kata Flick.

Flick menyatakan dari materi pemain Leipzig mempunyai skuad seimbang. Selain itu, hal paling penting yang dimiliki oleh Leipzig ialah kualitas pemain lapis kedua dan ketiga tidak berbeda jauh. 

Meski menjagokan Leipzig, pelatih yang menggantikan Niko Kovac di kursi Bayern itu mengatakan klub-klub tradisional lainnya, seperti Borussia Dortmund, Borussia Moenchengladbach, Schalke 04, dan Bayer Leverkusen tidak bisa dianggap remeh.

Menjelang paruh kedua musim ini Leipzig memuncaki klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan koleksi 37 poin. Mereka unggul dua poin atas tim peringkat kedua Gladbach. Sedangkan juara musim lalu Bayern tertahan di peringkat ketiga dengan 33 poin.

Musim ini penampilan Bayern tak semulus tahun lalu. Mereka menghadapi masalah di lini belakang dengan cederanya Niklas Sule dan Lucas Hernandez. Oleh sebab itu, Flick dan Kovac harus mencoba beberapa opsi di lini pertahanan.

David Alaba memainkan peran kunci setelah digeser dari posisi aslinya sebagai bek kiri, untuk mengisi satu tempat di jantung pertahanan. "Sesuai perkembangannya, ia saat ini merupakan pemimpin di pertahanan," kata Flick mengenai Alaba.

Flick juga merasa puas dengan permainan Joshua Kimmich yang bisa dimainkan sebagai bek kanan dan gelandang bertahan. Peran serupa pernah dilakoni pendahulunya, Phillip Lahm. "Ia (Kimmich) memiliki lebih banyak potensi karena lebih fokus, dapat membaca permainan dengan baik, dan memiliki kemampuan yang baik dengan atau tanpa bola," tambahnya.

Walau demikian, Flick mengatakan tertarik untuk mendatangkan pemain baru di sektor pertahanan. Ia menyebut telah melakukan diskusi demi mewujudkan rencana itu dengan dua petinggi klub, yakni Karl-Heinz Rummenigge dan Hasan Salihamidzic.

Setelah libur musim dingin, Bayern akan kembali berlaga di Liga Jerman dengan menghadapi Hertha Berlin dan Schalke 04. Setelah dua pertandingan itu, mereka akan memainkan laga kandang penting melawan Leipzig pada 9 Februari 2020.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT