Mazzari Didepak Torino, Korban Pemecatan ke-10 di Serie A
TEMPO.CO | 05/02/2020 05:50
Walter Mazzarri. REUTERS/Tony Gentile
Walter Mazzarri. REUTERS/Tony Gentile

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih kepala Torino Walter Mazzarri menjadi manajer Serie A Liga Italia kesepuluh yang kehilangan posisinya musim ini setelah klubnya kebobolan 17 gol dalam empat pertandingan terakhirnya.

Mantan pelatih Inter Milan, Napoli dan Watford yang selama dua tahun menukangi Torino tersebut digantikan Moreno Longo, yang merupakan mantan pemain Torino dan kepala tim muda klub ini, umum Torino setelah memecat Mazzarri, Selasa, seperti dikutip Reuters.

Nasib Torino pada musim ini berbalik buruk sekali ketika menelan kekalahan berturut-turut di liga masing-masing 0-7 di kandang sendiri melawan Atalanta dan 0-4 dari tim gurem Lecce, serta 2-4 melawan AC Milan pada pertandingan Coppa Italia.

Mazzarri yang berusia 58 tahun dan sudah sekitar 20 kali diusir keluar lapangan sepanjang kariernya sebagai pemain dan dikenal sebagai salah satu pelatih paling pemarah di Italia, mengantarkan Torino finis urutan ketujuh musim lalu sekalipun menghadapi masalah kesehatan.

Tapi musim ini Torinp yang yang tidak pernah menjuarai lagi Serie A sejak 1976 mengalami pembalikan, dan Mazzarri yang sarjana psikologi dan sosiologi itu tak bisa mengatasi keadaan yang dihadapi klub asuhannya ini.

"Presiden Urbano Cairo dan pelatih Walter Mazzarri, setelah analisis mendalam terhadap situasi saat ini, memutuskan untuk mengakhiri hubungan profesional mereka," kata Torino.

"Klub mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan semua staf atas komitmen, sportivitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan dalam dua tahun terakhir ini."

Longo mengawali karier profesionalnya di Torino setelah dibesarkan klub ini yang sudah 21 kali dia bela. Dia bermain untuk tim-tim divisi bawah dalam rentang kariernya yang dipenuhi cedera.

Sebagai pelatih, dia memimpin tim muda Torino selama empat musim dan mengantarkan Frosinone keluar dari Serie B pada 2017-2018, namun kemudian dilengserkan setelah empat bulan memimpin Frosinone mengarungi Serie A yang merupakan satu-satunya pengalaman melatih tim Serie A.

"Itu tawaran yang tak bisa saya tolak," kata Longo kepada wartawan.

Pergantian pelatih lainnya di liga elite beranggotakan 20 tim itu musim ini terjadi di Sampdoria, AC Milan, Napoli, Udinese, Fiorentina dan masing-masing dua kali di Brescia dan Genoa.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT