Barcelona, Madrid, Sevilla, Sociedad Diputuskan ke Liga Champions
TEMPO.CO | 17/04/2020 09:42
Penyerang Barcelona Lionel Messi, menjegal bek Real Madrid Marcelo dalam pertandingan Liga Spanyol di  Santiago Bernabeu, Madrid, 2 Maret 2020. REUTERS/Sergio Perez
Penyerang Barcelona Lionel Messi, menjegal bek Real Madrid Marcelo dalam pertandingan Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Madrid, 2 Maret 2020. REUTERS/Sergio Perez

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Delegasi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan kriteria klub yang lolos kejuaraan antarklub Eropa musim kompetisi depan, 2020-2021. Barcelona, Real Madrid, dan Real Sociedad, akan lolos kualifikasi ke Liga Champions.

Tapi, keputusan tersebut ditentang LaLiga, divisi tertinggi di Liga Spanyol, yang dijadwalkan bersidang malam ini, Jumat 17 April 2020. LaLiga mengatakan keputusan itu baru disampaikan kepada RFEF dan belum kepada mereka.

Dalam pertemuan di Las Rozas, Kamis 16 April 2020, Komisi Delegasi REFF mengesahkan keputusan untuk  memperpanjang tanggal untuk menyelesaikan musim ini, 2019-2020, dan menetapkan musim depan di atas 30 Juni 2020.

RFEF juga menginkan musim ini bisa diselesaikan, meski harus berjalan sampai September 2020.  

Pada saat yang sama, badan sepak bola Eropa, UEFA, juga hendak memastikan kriteria klub-klub yang akan lolos ke kejuaraan Eropa musim depan.

Hal itu berarti berdasar posisi klub dalam klasemen LaLiga sekarang –dengan mengabaikan hasil final Copa del Rey- akan membuat tim yang berada di urutan ketujuh saat ini, Valencia, untuk mendapat satu tempat di Liga Europa musim depan.

Adapun LaLiga dijadwalkan bersidang malam ini, Jumat 17 April, sudah berkomentar bahwa mereka tidak setuju dengan keputusan Komisi Delegasi RFEF.

Agurmentasi LaLiga adalah keputusan itu berarti sudah menyatakan musim 2019-2020 ini sudah selesai.  

Saat ini 20 tim LaLiga masing-masing sudah menyelesaikan 27 pertandingan dan menyisakan 11 pertandingan.

Hal itu berarti tim yang lolos ke Liga Champions saat ini adalah Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

Tim di urutan kelima dan keenam Getafe dan Atletico Madrid lolos kualifikasi Liga Europa bersama pemenang Copa del Rey.

Jika Athletic Bilbao yang menang, mereka akan menjadi tim ketiga LaLiga yang ke Liga Europa. Tapi, jika Real Sociedad yang menang, mereka akan ke Liga Champions menyusul Barcelona dan kawan-kawan. Adapun  tempatnya di Liga Europa akan diberikan ke Athletic Bilbao dan bukan tim yang berada di peringkat ketujuh, Valencia.

AS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT