Gol Pulisic dan Giroud Antar Chelsea Tekuk Aston Villa 2-1
TEMPO.CO | 22/06/2020 01:11
Penyerang Chelsea Olivier Giroud melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi Covid-19 di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu 21 Juni 2020. (ANTARA/REUTERS/POOL
Penyerang Chelsea Olivier Giroud melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi Covid-19 di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu 21 Juni 2020. (ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill)

TEMPO.CO, Jakarta - Chelsea bangkit dari ketinggalan untuk menundukkan tuan rumah Aston Villa 2-1 dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris, Minggu 21 Juni 2020. Laga yang digelar tanpa penonton karena pandemi Covid-19 itu digelar di Stadion Villa Park, Birmingham. 

Chelsea sempat tertinggal hingga turun minum akibat gol Kortney Hause. Tetapi dua gol beruntun yang dicetak Christian Pulisic dan Olivier Giroud pada menit ke-60 dan ke-62 berhasil membawa The Blues menang.

Kemenangan itu memantapkan posisi Chelsea di peringkat keempat klasemen dengan koleksi 49 poin. Chelsea masih terus berusaha menipiskan selisih lima poin di belakang Leicester City (54). Sedang di bawahnya, selisih tiga poin, adalah Manchester United (46).

Sedangkan Villa (27) tertahan di zona degradasi, menempati urutan ke-19. Villa butuh dua poin untuk mengamankan diri agar bisa bertahan di kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Inggris. 

Menghadapi Chelsea yang berjuang untuk memutus catatan nirmenang dalam empat laga tandang terakhirnya, Villa memilih untuk bertahan sembari mencari-cari kesempatan untuk melancarkan serangan balik. 

Hasilnya, pada menit ke-21 Mason Mount mengancam pertahanan tuan rumah lewat tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis oleh kiper Orjan Nyland dan hanya berbuah sepak pojok.

Sepuluh menit kemudian Willian mengirimkan umpan tarik tajam ke muka gawang Villa, tetapi tak satu pun rekan-rekannya mampu menyambut bola. Sesaat kemudian tendangan jarak jauh Mateo Kovacic bisa diamankan oleh Nyland.

Pada menit ke-40, Mount berhasil melewati hadangan Matt Targett sebelum mengirim umpan terukur ke area tiang jauh. Sayang penyelesaian Ruben Loftus-Cheek melenceng dari sasaran.

Di sisi gawang berbeda, Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tembakan spekulasi Anwar El Ghazi. Strategi serangan balik membuahkan hasil pada menit 43 ketika Douglas Luiz mengirim umpan silang yang berhasil disambut oleh Hause untuk menaklukkan Kepa. 

Keunggulan 1-0 Villa bertahan setelah babak pertama diakhiri dengan tembakan voli Kovacic yang sudah tak terjangkau oleh Nyland masih menyamping di sisi gawang.

Chelsea memasuki babak kedua dengan intensitas permainan yang lebih menyerang tetapi mereka baru memetik hasilnya 15 menit setelah sepak lanjut. Gol Christian Pulisic yang memanfaatkan umpan silang kiriman Cesar Azpilicueta berhasil mengantar Chelsea menyamakan kedudukan.

Dua menit kemudian, Chelsea menuntaskan misi kebangkitan mereka. Azpilicueta melepaskan umpan tarik yang disambut satu sentuhan oleh Olivier Giroud sebelum diselesaikan dengan tembakan yang bolanya sempat membentur pemain lawan sebelum mengecoh Nyland dan bersarang ke gawang tuan rumah.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT