Liga Spanyol, Presiden Barcelona Curiga Ada Keberpihakan Wasit
TEMPO.CO | 06/07/2020 09:03
Penyerang Barcelona Antoine Griezmann (kanan) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Villarreal dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Min
Penyerang Barcelona Antoine Griezmann (kanan) melakukan selebrasi bersama Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Villarreal dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Minggu (5/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mencurigai adanya keberpihakan wasit pasca kembali bergulirnya Liga Spanyol. Pasalnya, menurut dia, ada satu tim yang selalu diuntungkan oleh keputusan yang diambil melalui Video Assistant Referee (VAR).

Dalam wawancara dengan Movistar, Bartomeu menyatakan bahwa penggunaan VAR tak membuat sepak bola menjadi lebih adil. Bahkan, menurut dia, ada tim yang lebih tak diuntungkan karena penggunaan VAR yang tak sesuai dengan peruntukannya.

"VAR tidak sesuai dengan yang diinginkan semua orang," ujarnya dalam wawancara itu seperti dilansir media Spanyol Marca. " Pasca-lockdown, ada banyak permainan yang tak adil dan di mana ada tim yang lebih diuntungkan"

"VAR seharusnya digunakan untuk membantu wasit. Selama beberapa pertandingan terakhir, semua orang telah melihat di mana VAR tak digunakan dengan baik."

Bartomeu tak menyebut tim mana yang dia maksud, namun Marca meyakini pernyataan itu terkait dengan Real Madrid yang banyak mendapatkan penalti karena VAR sementara lawannya tak mendapatkan hal serupa.

Dalam dua laga terakhirnya, Real Madrid meraih kemenangan tipis 1-0 atas lawan-lawannya, Getafe dan Athletic Bilbao. Pada kedua laga itu, mereka mendapatkan penalti setelah wasit memutuskan melihat rekaman ulang pertandingan melalui fasilitas VAR.

Tak hanya itu, dalam tiga laga awal sejak Liga Spanyol bergulir lagi, Real Madrid juga disebut mendapatkan setidaknya lima keuntungan dari keputusan wasit atas dasar VAR, mulai dari tidak disahkannya gol lawan hingga gol Karim Benzema ke gawang Real Sociedad yang berbau handsball.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT