Latihan Awal Timnas U-16 di Bekasi, Bima Sakti: Proses Adaptasi
TEMPO.CO | 06/07/2020 14:48
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan pemainnya Athallah Araihan menggelar konfrensi pers usai lolos ke Piala AFC U-16 2020 Bahrain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ahad, 22 Sepetember 2019. TEMPO/Irsyan Hasyim
Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan pemainnya Athallah Araihan menggelar konfrensi pers usai lolos ke Piala AFC U-16 2020 Bahrain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ahad, 22 Sepetember 2019. TEMPO/Irsyan Hasyim

TEMPO.CO, Jakarta- Tim Nasional Indonesia U-16 atau Timnas U-16 telah memulai pemusatan latihan pada hari ini, Senin 6 Juli 2020, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Pemusatan ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-16 yang akan berlangsung pada 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, mengatakan latihan yang dijalani  masih pada tahap adaptasi. Bima menyebutkan pandemi virus corona atau Covid-19 yang memaksa pemain berlatih secara virtual cukup menurunkan kondisi fisik anak asuhnya.

"Alhamdulillaah semua pemain dalam kondisi sehat, kemarin awal masuk TC di hari Minggu langsung melakukan rapid test semua dan rencana besok dilakukan lagi PCR test sehingga mengetahui lagi tentang semua kompenen di tim," kata Bima melalui rekaman suara yang diterima Tempo, Senin, 6 Juli 2020.

Jebolan PSSI Primavera itu menyebutkan intensititas latihan bakal bertambah setiap pekannya. Pada akhir Juli, Bima berharap porsi latihan bisa 100 persen lagi. Menurut dia, selama latihan pada Juli bakal dilakukan simulasi pertadingan internal dan mengupayakan pertandingan uji coba dengan klub lokal.

Ia pun berharap kondisi bisa secepatnya kondusif sehingga bisa dilakukan juga uji coba inernasional. "Itu nanti kita koordinasi dengan tim dokter, akan dilakukan tes (pada setiap laga uji coba) juga karena tetap pada tujuan awal kita TC harus clear, semua harus sehat dan tidak ada masalah," ucap dia.

Pada hari Minggu lalu, Timnas U-16 telah tiba di hotel tempat menginap di Bekasi. Seluruh pemain dan ofisial pun langsung menjalani rapid test yang dipimpin langsung dokter PSSI, Syarif Alwi.

"Sesuai arahan Ketua Umum PSSI, hari ini seluruh pemain dan ofisial Timnas U-16 kita lakukan pemeriksaan rapid test. Setelah rapid test, pemain dan ofisial mendapat materi tentang protokol kesehatan menghindari Covid-19," kata Syarif

Pria yang akrap dipanggil Papi tersebut menyatakan bahwa semua pemain dan ofisial dalam keadaan sehat, tidak ada yang terpapar flu, demam, dan hasil rapid test semuanya non-reaktif.

"Para pemain dan ofisial sebelum berangkat ke Bekasi sudah melakukan rapid test juga di daerah masing-masing. Rencananya kami akan melakukan swap test pada Selasa mendatang," ia menambahkan.

Pada pemusatan latihan kali ini, PSSI menerapkan aturan ketat terkait protokol kesehatan bagi para pemain dan ofisial, seperti penyemprotan disinfektan ke bus, stadion, ruang ganti, dan penerapan penjagaan jarak fisik saat melakukan kegiatan.

Pemusatan latihan Timnas U-16 di Bekasi ini akan berlangsung pada 6-29 Juli 2020 diikuti 26 pemain. Pada ajang Piala AFC U-16 2020, Indonesia berada di grup sulit bersama Arab Saudi, Cina, dan Jepang. Laga pertama Indonesia adalah menghadapi Arab Saudi pada Jumat, 27 November 2020.

IRSYAN HASYIM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT