Barcelona Vs Espanyol, Setien Masih Optimis Juarai Liga Spanyol
TEMPO.CO | 07/07/2020 21:49
Aksi pemain Barcelona, Arturo Vidal saat menjebol gawang Espanyol dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion RCDE, Spanyol, 4 Januari 2020. REUTERS/Albert Gea
Aksi pemain Barcelona, Arturo Vidal saat menjebol gawang Espanyol dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion RCDE, Spanyol, 4 Januari 2020. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Quique Setien masih optimis Barcelona bisa menjuarai Liga Spanyol musim ini. Jika memenangkan laga Barcelona vs Espanyol Kamis besok, peluang Lionel Messi cs memang masih terbuka cukup lebar untuk menyalip Real Madrid yang memuncaki klasemen.

Setien menyatakan bahwa secara matematis timnya saat ini belum bisa dikatakan kalah dari Real Madrid. Meskipun menyadari sulit untuk menggeser rival abadi mereka itu, dia menyatakan akan terus berharap hingga laga terakhir.

"Tentu saja kami masih bisa memenangkan La Liga," kata Setien dalam konferensi pers menjelang laga Barcelona vs Espanyol. "Secara realitas dan matematis itu bisa dibuktikan."

"Menjuarai liga memang tak mudah, tetapi anda harus memiliki harapan hingga hari terakhir. Kami harus berpikir soal diri kami dan memenangkan setiap pertandingan untuk melihat apakah akan ada kemajuan."

Barcelona saat ini tertinggal empat angka dari Real Madrid. Dengan lima laga tersisa, nasib Lionel Messi cs kini tak hanya berada di tangan mereka.

Selain harus memenangkan seluruh laga tersisa, Barcelona harus berharap Los Galacticos menelan kekalahan setidaknya dalam dua laga.

Untuk memenangkan seluruh laga tersisa, Barcelona pun memiliki modal yang cukup baik. Kemenangan 4-1 atas Villarreal pada akhir pekan lalu memutus rentetan hasil imbang yang mereka dapatkan dalam dua laga sebelumnya.

Kemenangan atas Villarreal itu pun dinilai membuat posisi Setien sedikit aman untuk sementara waktu. Pasalnya, ada kabar yang menyebutkan bahwa dia bakal dipecat jika tak mampu mengangkat performa Barcelona.

Menanggapi masalah itu, Setien menyatakan bahwa satu kemenangan itu meringankan beban yang dia pikul. Dia juga menyatakan telah terbiasa menghadapi tekanan dan kabar burung soal nasibnya.

"Saya tak merasa bahwa ada hal yang berubah (karena kemenangan atas Villarreal)," kata dia. "Saya telah hidup menjalani momen sepak bola dan sirkus seperti ini sejak lama. Saya hanya melakukan tugas saya."

Kini Quique Setien pun akan kembali mendapatkan ujian untuk mempertahankan performa anak asuhnya tersebut. Laga Barcelona vs Espanyol akan menjadi laga derbi Catalan pertamanya sebagai arsitek La Blaugrana. Jika berhasil kembali menang, bisa jadi posisi Setien masih akan aman, namun jika kembali menelan hasil seri atau kalah, sangat mungkin dia akan dipecat.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT