Man City vs Newcastle 5-0, Guardiola Sanjung David Silva
TEMPO.CO | 09/07/2020 05:21
Pemain Manchester City, David Silva. (Reuters/Andrew Boyers)
Pemain Manchester City, David Silva. (Reuters/Andrew Boyers)

TEMPO.CO, Jakarta - anajer Manchester City, Pep Guardiola, melontarkan sanjungan buat gelandang gaek David Silva yang tampil cemerlang dalam laga Man City vs Newcastle. Pemain itu ikut berperan mengantar The Citizens menang 5-0 dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris itu, yang berlangsung di Etihad, Rabu, Kamis dinihari WIB.

Di pertandingan itu, Silva mencetak satu gol lewat tendangan bebas nan indah dan mengirimkan dua assist untuk gol Gabriel Jesus dan Raheem Sterling. Satu gol lain tercipta dari bunuh diri bek Newcastle, Federico Fernandez.

Apa yang diperlihatkannya dalam laga tersebut, menurut Guardiola menjadi alasan mengapa ia dan Man City ingin memberikan laga komemorasi meriah untuk Silva yang kontraknya akan kadaluarsa musim ini setelah 10 tahun di Manchester.

"Apa yang sudah dilakukannya sangat luar biasa, fantastis," kata Guardiola dalam komentar pascalaga yang dilansir laman resmi Man City.

"Bukan cuma untuk penampilan hari ini, tetapi selama 10 tahun terakhir. Kami ingin orang-orang datang ke Etihad, menghadiri pertandingan komemorasinya sebagai salah seorang legenda klub ini," ujarnya menambahkan.

Menurut Guardiola, semenjak  Manchester City kembali berlatih setelah aturan karantina wilayah ketat karena pandemi COVID-19 dilonggarkan Silva terus memperlihatkan kerja keras dan berada dalam ritme bagus tiap kali tampil di pertandingan.

"Sebagaimana saya bilang, kerja kerasnya sangat luar biasa. Para pemain muda harus menjadikan David sebagai teladan," katanya.

"Ia tak pernah banyak bicara, tapi ia selalu mencontohkan etos kerja di tiap sesi latihan. Ia adalah seorang pesaing tangguh," ujar Guardiola melengkapi.

Bahkan, Guardiola berharap Man City bisa menambah raihan trofinya musim ini, setelah menjuarai Piala Liga Inggris, dengan tampil optimal di Piala FA dan Liga Champions sebagai salam perpisahan yang sempurna untuk Silva.

"Tentu saja. Untuk dia, untuk Sergio Aguero, sebagus perpisahan untuk Vincent Kompany musim lalu," kata Pep Guardiola.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT