5 Pertanyaan Penting Soal Bursa Transfer Pemain di Liga Inggris, Termasuk Jadwal
TEMPO.CO | 03/08/2020 17:40
Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho berebut bola dengan pemain Hertha Berlin, Per Skjelbred dalam laga lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Jerman, 6 Juni 2020. Lars Baron/Pool via REUTERS
Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho berebut bola dengan pemain Hertha Berlin, Per Skjelbred dalam laga lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, Jerman, 6 Juni 2020. Lars Baron/Pool via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris atau Premier League sudah usai digelar. Saatnya klub-klub bersiap menghadapi musim berikutnya dengan melakukan belanja pemain di bursa transfer.

Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui tentang bursa transfer pemain di Liga Inggris:

Kapan bursa transfer berlangsung?

Saat ini bursa transfer sudah dibuka, tepatnya sejak 27 Juli lalu. Jendela jual beli pemain ini akan berlangsung hingga 5 Oktober. Namun, khusus untuk transfer domestik masih akan berlangsung hingga 16 Oktober.

Apa maksud transfer domestik?

Ini adalah jual beli antara klub di Liga Inggris yang berbeda kasta. Artinya klub Premier League masih bisa membeli klub dari kasta lebih rendah. Namun, transaksi di antara sesama klub Premier League sudah tak diizinkan.

Kapan musim baru Liga Inggris dimulai?

Jadwal kompetisi musim depan sudah ditetapkan akan berlangsung mulai 12 September 2020 dan berakhir pada 23 Mei 2021. Artinya saat liga bergulir, transaksi jual beli pemain masih mungkin dilakukan.

Bagaimana perbandingan jadwal transfer pemain Liga Inggris dan di luar negeri?

Di Jerman, bursa transfer udah dimulai sejak 15 Juli. Prancis bahkan sudah memulai lebih awal, sejak 8 Juni. Di Spanyol, bursa transfer akan dimulai 4 Agustus, sedangkan di Italia baru dimulai pada 1 September. Sama seperti Inggris, bursa transfer di Jerman, Italia, dan Spanyol akan ditutup pada 5 Oktober.

Siapa saja pemain yang mungkin pindah?

Liga Inggris terus diisukan dengan kepindahan pemain. Masa depan pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, masih terus jadi spekulasi karena pemain itu menjadi incaran banyak klub.

Klub besar Liga Inggris juga dikaitkan dengan sejumlah pemain dari luar negeri. Manchester United disebutkan mengincar pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho. Chelsea dikaitkan dengan pemain Bayel Leverkusen Kai Havertz. Pemain Barcelona Philippe Coutinho juga dikait-kaitkan dengan sejumlah klub Liga Inggris.

Secara domestik, pemain Aston Villa Jack Grealish dan pemain Southampton Pierre-Emile Hojbjerg juga dikaitkan dengan kepindahan ke klub lebih besar. Sedangkan isu soal Paul Pogba sudah mereda dan tampaknya akan bertahan di Man United.

BBC | MIRROR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT