Bruno Fernandes: Lebih Cepat dari Ronaldo untuk Besar di Manchester United
TEMPO.CO | 11/08/2020 07:50
Selebrasi pemain Manchester United Bruno Fernandes usai mencetak gol ke gawang Tottenham. Glyn Kirk/Pool via REUTERS
Selebrasi pemain Manchester United Bruno Fernandes usai mencetak gol ke gawang Tottenham. Glyn Kirk/Pool via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Cristiano Ronaldo membutuhkan dua musim kompetisi untuk menjadi pemain inspirator Manchester United. Tapi, rekan senegaranya, Bruno Fernandes, hanya perlu waktu enam bulan.

Di Stadion RheinEnergieS, Cologne, Jerman, dinihari tadi, 11 Agustus 2020, Bruno Fernandes kembali menjadi pahlawan buat manajer Ole Gunnar Solskjaer, dengan menjadi penentu kemenangan melawan Copenhagen pada babak perempat final tunggal Liga Europa.

Gol penalti yang dilesakkan Fernandes pada babak perpanjangan waktu menit ke-95. Hadiah itu diberikan wasit setelah pemain bek Copenhagen, Andreas Bjelland, menjatuhkan penyerang Manchester United, Anthony Martial, di dalam kotak penalti klub peringkat kedua Liga Denmark itu.

Bruno Miguel Borges Fernandes, pemain gelandang tim nasional Portugal berusia 25 tahun,  didatangkan Manchester United dari Sporting CP pada 29 Januari 2020. Saat itu United lagi dalam keadaan gonjang-ganjing.

Tapi, dengan cepat pemain dengan tinggi 1,79 meter ini memberikan dampak positif bagi United di dalam dan luar lapangan.

Pada penampilan perdananya di Old Trafford melawan Wolves pada 1 Februari 2020, Fernandes sudah menunjukkan talentanya sebagai pemain inspirator. Saat pemanasan, ia langsung mendekati Fred, gelandang United asal Brasil, dan memberikan masukan seperti ia seorang pelatih. Kelak permainan Fred juga berkembang dan dinihari tadi diturunkan Solskjaer sebagai pemain starter sampai menit ke-70.

Pada 1 Februari 2020 itu, United tidak bisa mengalahkan Wolves. Tapi, tanda-tanda bahwa United tidak akan merugi membayar 80 juta euro atau sekitar Rp 1,37 trilun kepada Sporting untuk merekrut Fernandes sudah terlihat.

Setelah Sir Alex Ferguson meninggalkan United dengan mempersembahkan trofi terakhir di Liga Primer Inggris 2013, hanya empat pemain Setan Merah yang memenangi penghargaan pemain terbaik bulan liga, the Premier League Player of the Month.

Mereka adalah Anthony Martial, Zlatan Ibrahimovic, dan Marcus Rashford. Satu lagi bukan Wayne Rooney, Paul Pogba, atau David de Gea, tapi seorang pemain yang baru bergabung tujuh pekan di Old Trafford,  Fernandes.

Ferguson selalu mengatakan bahwa sekalipun pemain baru pembelian terbaik membutuhkan waktu lama untuk bisa padu di United. Hal itu termasuuk pemain yang datang dari Sporting Lisbon, Cristiano Ronaldo, yang perlu dua musim untuk menjadi inspirator di United.

Tapi, tidak dengan Fernandes, yang segera memberikan dampak positif buat United. Sejak debutnya, Setan Merah tidak terkalahkan sembilan kali, mencetak 21 gol, dan hanya kebobilan dua kali.

Setelah pertandingan, Fernandes langsung melihat rekaman penampilannya dan hal itu lantas diikuti rekan-rekannya di United. “Ia memberikan standar dan spirit baru buat timnya,” kata pelatih United yang juga mantan bintang Setan Merah ini, Michael Carrick.

Sosok teladan dan pemimpin di kamar ganti pemain dan di lapangan dari Manchester United yang lama hilang setelah Roy Keane hengkang muncul kembali. Selain Keane, dulu ada pemain baru yang juga seperti Bruno Fernandes, langsung memberikan pengaruh besar di United, yaitu Juan Sebastian Veron. Ia hanya butuh dua bulan untuk meraih penghargaan Player of the Month dalam 2001.

INEWS.CO.UK | SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT