Timnas U-19 Indonesia Kalahkan Qatar, Ketua PSSI: Alhamdulillah
TEMPO.CO | 18/09/2020 08:39
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi arahan pada para pemain Timnas U-19 saat berlatih di Kroasia. pssi.org
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi arahan pada para pemain Timnas U-19 saat berlatih di Kroasia. pssi.org

TEMPO.CO, JakartaTimnas U-19 Indonesia meraih kemenangan perdananya di Kroasia setelah membungkam Timnas U-19 Qatar 2-1 Kamis malam kemarin, 17 September 2020. Kemenangan itu disambut baik oleh Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan.

Dalam pernyataan resminya di laman PSSI, Iriawan bersyukur atas kemenangan tersebut. Menurut dia Witan Sulaeman cs mampu bermain bagus dan bekerja keras.

"Alhamdulillah, kami mengapresiasi kemenangan timnas U-19 atas Qatar. Pemain bermain bagus dan bekerja keras untuk meraih hasil maksimal," ujar pria yang akrab disapa IWan Bule itu.

Iriawan yang memimpin PSSI sejak November tahun lalu menambahkan bahwa dirianya sempat menghubungi langsung para pemain Timnas U-19 saat jeda babak pertama. Dia menyatakan ingin memberikan motivasi kepada skuad Garuda Muda.

"Hasilnya luar biasa Timnas U-19 mampu menang," kata Iriawan.

Bermain di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Timnas U-19 sebenanya sempat tertinggal terlebih dahulu setelah pemain Qatar Jassim Mohammed Al-Mehairi mencetak gol pada menit ke-12. Skuad asuhan Shin Tae-Yong menyamakan kedudukan setelah mendapat hadiah penalti lima menit berselang.

Gelandang Brylian Aldama yang dipercaya menjadi algojo berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna sehingga babak pertama ditutup dengan skor 1-1.

Pada babak kedua, Timnas U-19 Indonesia sebenarnya bermain lebih agresif. Mereka bahkan sempat mencetak gol tak lama setelah pertandingan dimulai kembali. Sayangnya gol tersebut dianulir karena salah satu pemain Timnas U-19 Indonesia dianggap sudah berada dalam posisi offside.

Mochammad Supriadi menjadi pahlawan kemenangan Timnas U-19. Menerima umpan dari Beckham Putra Nugraha, pemain asal Surabaya itu membobol gawang Qatar yang telah kosong melompang.

Supriadi pun menyatakan bahwa kemenangan tersebut berhasil mereka raih berkat kekompakan dan kerja keras.

"Hari ini kami bermain kompak dan bekerja keras," tutur Supriadi.

Pada tiga laga uji coba sebelumnya Timnas U-19 kalah 0-3 dari Bulgaria dan takluk 1-7 dari Kroasia, lalu seri 3-3 ketika bertemu Arab Saudi.

Timnas U-19 Indonesia akan kembali menjajal kekuatan Qatar dalam laga uji coba pada Ahad mendatang. Setelah itu, mereka akan menjajal kekuatan Bosnia dan Herzegovina pada 25 September serta Dinamo Zagreb pada 28 September 2020.

Timnas U-19 Indonesia berada di Kroasia dalam rangka persiapan menghadapi Piala Asia U-19 yag seharusnya digelar pada Oktober mendatang di Uzbekistan. Pandemi Covid-19 membuat Asosiasi Sepak Bola Asia, AFC, mengundur jadwal turnamen hingga awal tahun 2021.

Selain itu, skuad asuhan Shin Tae-yong juga diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT