Liga Inggris : Leicester City Tekuk Manchester City 5-2, Jamie Vardy Cetak 3 Gol
TEMPO.CO | 28/09/2020 02:41
Pemain Leicester melakukan selebrasi usai cetak gol dalam pertandingan Liga Premier lawan Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Inggris pada 27 September 2020.(Pool via REUTERS/CATHERINE IVILL)
Pemain Leicester melakukan selebrasi usai cetak gol dalam pertandingan Liga Premier lawan Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Inggris pada 27 September 2020.(Pool via REUTERS/CATHERINE IVILL)

TEMPO.CO, Jakarta - Leicester City membungkam tuan rumah Manchester City 5-2 dalam lanjutan Liga Inggris, di Etihad Stadium, Ahad, 27 September 2020. Lima gol Leicester didapat melalui tiga gol Jamie Vardy dan dua gol dari James Maddison serta satu gol Youri Tielemans. Hasil ini membuat Leicester tetap memuncaki klasemen Liga Premier Inggris dengan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Sementara itu, City tak pernah kebobolan lima gol di kandang sendiri sejak Februari 2003 saat melawan Arsenal. Kekalahan besar ini adalah yang pertama kalinya City pada era kepelatihan Pep Guardiola kebobolan lima gol tepatnya pada pertandingan ke-686 di bawah asuhan dia.

Absennya duet striker Gabriel Jesus dan Sergio Aguero karena cedera membuat City kehilangan ketajaman. Raheem Sterling terlihat tidak nyaman dengan posisi sendirian di depan. Sebaliknya pertahanan yang lemah tak mampu membendung serangan cepat dan mematikan dari The Foxes.

Baca juga : Manchester City Vs Leicester City, Pep Guardiola Hadapi Krisis Pemain

Meski begitu, Manchester City terlihat mengendalikan permainan setelah tendangan voli Riyad Mahrez ke Leicester itu membawa tuan rumah unggul pada menit keempat. 
Mahrez melepaskan tendangan yang tak bisa dibendung Kasper Schmeichel setelah tim tamu gagal menyapu tendangan penjuru.

Keunggulan tak bertahan lama. Pada menit ke-37, Vardy melesakan gol melalui titik putih setelah dilanggar Kyle Walker.  Striker tim nasional Inggris itu membawa Leicester City balik memimpin pada menit ke-54 setelah melepaskan tendangan rendah yang meneruskan umpan Timothy Castagne dari sektor kanan.

Jamie Vardy menuntaskan hat-tricknya empat menit kemudian dari tendangan penalti kedua setelah memasukkan bola ke sudut bawah kiri gawang. Penalti didapatkan setelah Eric Garcia menjatuhkannya di kotak penalti.

Pemain pengganti Maddison mengubah kedudukan menjadi 4-1 ketika dia melepaskan tendangan melengkung yang ciamik dari jarak 20 meter ke sudut atas kiri gawang sebelum bek tengah Nathan Ake membawa City memperkecil kedudukan lewat sundulannya.

Setelah Vardy dipapah keluar lapangan karena mengalami cedera hamstring pada menit-menit terakhir, Tielemans mengonversi penalti ketiga Leicester dalam menit ke-88 untuk menyegel kemenangan meyakinkan tim tamu.

Kekalahan ini mengakhiri perjalanan 11 pertandingan tanpa kalah City di liga sejak musim lalu. Selain itu, kekalahan ini juga menjadi kekalahan pertama mereka dalam pertandingan pembukanya sejak kalah 1-2 melaewan Southampton pada 1989.

Hasil ini membawa Leicester City duduk sementara di puncak klasemen liga Inggris dengan sembilan poin, sedangkan posisi dua ditempati Everton dengan jumlah poin yang sama tetapi kalah selisih gol. Sementara itu, Manchester City menempati  peringkat 13 dengan sekali menang dan sekali kalah dengan tiga poin.

Susunan pemain:
Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Eric Garcia, Nathan Ake, Benjamin Mendy; Fernandinho (51' L. Delap), Rodri; Phil Foden, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling; Riyad Mahrez.

Leicester City (3-4-3 ): Kasper Schmeichel; Daniel Amartey Jonny Evans (80' C. Fuchs), Caglar Soyuncu; Timothy Castagne, Nampalys Mendy, Youri Tielemans, James Justin; Dennis Praet (69' J. Maddison), Harvey Barnes; Jamie Vardy (85' K. Iheanacho).


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT