Eks Bek Liverpool Ini Jual Medali Liga Champions Karena Bisnisnya Bangkrut
TEMPO.CO | 17/10/2020 07:47
Fans Liverpool FC dan Tottenham Hotspur tiba di Estadio Wanda Metropolitano di Madrid pada hari Sabtu, 1 Juni, untuk bertanding di final Liga Champions UEFA. RUPTLY
Fans Liverpool FC dan Tottenham Hotspur tiba di Estadio Wanda Metropolitano di Madrid pada hari Sabtu, 1 Juni, untuk bertanding di final Liga Champions UEFA. RUPTLY

TEMPO.CO, Jakarta - Eks bek kanan Liverpool, Steve Finnan, menjual medali Liga Champions musim 2004-2005 di media daring. Hal itu dilakukan Finnan setelah bisnis properti miliknya mengalami kebangkrutan.

Finnan merupakan bagian dari skuad Liverpool yang menjuarai Liga Champions musim tersebut di bawah asuhan Rafael Benitez.Liverpool memenangkan Liga Champions setelah mengalahkan AC Milan dalam salah satu laga final paling dramatis sepanjang sejarah kompetisi tersebut.

The Kop sempat tertinggal 0-3 pada babak pertama sebelum akhirnya menyamakan kedudukan lewat tiga gol cepat pada awal babak kedua. Kemenangan Liverpool kemudian ditentukan lewat adu drama penalti. Penjaga gawang Jerzy Dudek menjadi pahlawan kemenangan Liverpool setelah menggagalkan tiga tendangan penalti AC Milan.

Finnan sempat bermain pada laga final Liga Champions tersebut namun pada awal babak kedua Benitez menariknya keluar untuk memasukkan gelandang Dietmar Hamann.

Media Inggris Daily Mail menyebutkan bahwa medali Liga Champions milik Finnan dijual di media lelang daring bernama Graham Budd Auctions. Medali itu dihargai sekitar 12 ribu hingga 15 ribu pound sterling (Rp 228 juta - 286 juta).

Selain medali, Finnan juga menjual kostum Liverpool yang dia gunakan pada laga tersebut. Kostum yang sudah dia tanda tangani itu dihargai sekitar 2 ribu hingga 2500 pound sterling. Terdapat pula replika trofi Liga Champions yang dihargai sekitar 5 ribu hingga 7 ribu pound sterling.

Penjualan medali serta sejumlah barang kenangan milik Finnan itu menyusul kabar bangkrutnya perusahaan properti milik pria asal Irlandia tersebut, Finnan Developments. Pada awal bulan ini, perusahaan yang berbasis di London Selatan itu disebut terlibat hutang hingga 4,03 juta pound sterling (Rp 76,8 miliar).

Hutang sebanyak itu diderita Finnan setelah dia dan saudara kandungnya, Sean, terlibat cekcok yang membuat keduanya harus berpisah perusahaan. Sean disebut telah mengajukan ke pengadilan untuk menyatakan perusahaan mereka bangkrut.

Hutang itu membuat Finnan harus menjual banyak barang kenangan masa keemasannya bersama Liverpool. Tak hanya medali Liga Champions, medali Piala Carling 2005 serta kostum yang dia gunakan pada laga final juga ikut dilego.

Selain itu, Finnan juga menjual medali Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub miliknya.

Steve Finnan bermain untuk Liverpool pada periode 2003 hingga 2008. Diboyong dari Fulham, Finnan menjadi pilihan utama Manajer Rafael Benitez untuk posisi bek kanan.

Sepanjang karirnya di Stadion Anfield, Finnan bermain dalam 217 laga namun hanya mencetak satu gol. Dia sebenarnya memiliki dua medali Liga Champions karena ikut dalam skuad Liverpool berlaga di final 2006-2007. Sayangnya, pada laga final tersebut AC Milan membalaskan dendam kepada Liverpool dengan meraih kemenangan 2-1.

DAILY MAIL


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT