Tottenham vs West Ham 3-3, Apakah Kehadiran Gareth Bale Jadi Pengganggu?
TEMPO.CO | 19/10/2020 05:50
Pemain Tottenham Hotspur, Gareth Bale. REUTERS/Clive Rose
Pemain Tottenham Hotspur, Gareth Bale. REUTERS/Clive Rose

TEMPO.CO, JakartaGareth Bale sudah melakukan debutnya bersama Tottenham Hotspur saat melawan West Ham, Ahad malam, 18 Oktober 2020. Namun, kehadirannya sempat mengundang suara negatif.

Bale, yang didatangkan dari Real Madrid, dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-72. Kala itu Spurs memimpin 3-2. Pemain Wales itu sempat kehilangan peluang emas. Ia juga melihat timnya dijebol lawan sehingga harus puas dengan skor 3-3.

Seusai laga itu, wartawan bertanya pada pelatih Jose Mourinho: apakah kehadiran Bale justru jadi gangguan bagi timnya?

Pelatih asal Portugal itu langsung membantah. "Saya tidak berpikir begitu, sejujurnya saya tidak berpikir demikian. Keputusan untuk tidak menjadikannya sebagai starter menurut saya keputusan yang bagus," kata Mourinho.

"Keputusan itu untuk menunjukkan bahwa dia tidak memiliki kursi yang indah yang menunggunya di tim dan dia bisa duduk di sana begitu dia bisa. Itu adalah pesan kepada tim bahwa setiap orang harus berjuang untuk posisinya."

"Dia diterima dengan sangat baik di grup. Semua orang menyukainya, dan saya yakin dia juga menyukai apa yang dia temukan di sini. Jadi semuanya positif dan fokus bukan pada dia. Fokusnya ada pada permainan dan dia berada di bangku cadangan selama 65 menit. menit atau lebih dan saya rasa tidak, saya tidak berpikir sama sekali (jadi gangguan)."

"Sayang sekali dia tidak bisa mencetak gol keempat dan akan mematikan permainan. Tapi itulah sepak bola."

Pada Juli lalu, Mourinho mengatakan Spurs kurang kekuatan mental menyusul kekalahan 3-1 dari Sheffield United. Pelatih asal Portugal itu tidak ingin menyalahkan alasan serupa pada kesempatan ini.

"Saya tidak ingin pergi ke sana. Kami memiliki pemain baru. Kami bermain jauh lebih baik dari musim lalu. Saya bisa mengatakan hal yang sama tentang West Ham," tambahnya.

Baca Juga: Son Heung-min Calon Top Skor Liga Inggris

"West Ham adalah tim yang jauh lebih baik daripada saat (David) Moyes tiba. Tim sedang dalam evolusi, kami bermain jauh lebih baik, kami tahu bagaimana kami ingin bermain."

"Secara bertahan kami jauh lebih baik dari sebelumnya, itu sebabnya saya katakan sebelumnya untuk melihat gol ke gawang kami. Itu hanya (gol) Danny Ings. Setelah itu penalti Newcastle, penalti Man United, penalti lain dengan Southampton."

"Hari ini dua tendangan bebas dan satu gol bunuh diri. Secara defensif kami jauh lebih kuat, tetapi di bagian terakhir pertandingan ini terjadi dan sulit untuk dijelaskan."

Tottenham sempat unggul tiga gol lewat doubel Harry Kane dan gol Son Heung-min. Tapi mereka kebobolan oleh gol Fabian Balbuena, gol bunuh diri Davinson Sanchez, dan gol Manuel Lanzini.

Tottenham Hotspur kini menempati posisi keenam klasemen dengan nilai 8 dari 5 laga, sedangkan West Ham di urutan kedelapan dengan nilai 7.

Baca Juga: Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

REUTERS | OMNI SPORT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT