Virgil van Dijk Cedera ACL, Apa Itu dan Berapa Lama Liverpool Kehilangan Dia?
TEMPO.CO | 19/10/2020 08:29
Pemain Liverpool Virgil van Dijk ditekel oleh pemain Everton Jordan Pickford dalam pertandingan Liga Inggris, 17 Oktober 2020. REUTERS/Peter Byrne
Pemain Liverpool Virgil van Dijk ditekel oleh pemain Everton Jordan Pickford dalam pertandingan Liga Inggris, 17 Oktober 2020. REUTERS/Peter Byrne

TEMPO.CO, Jakarta - Cedera yang dialami Virgil van Dijk pada laga Everton vs Liverpool akhir pekan kemarin disebut cukup fatal. Dia dikabarkan mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) dan harus absen cukup lama.

Liverpool secara resmi mengumumkan bahwa Virgil van Dijk telah menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan dinyatakan harus menjalani operasi lutut. Mereka menyatakan bek asal Belanda tersebut mengalami cedera setelah berbenturan dengan penjaga gawang Everton, Jordan Pickford.

"Ligamen lutut bek tengah itu mengalami cedera setelah insiden yang melibatkan kiper the Blues Jordan Pickford setelah pertandingan berjalan enam menit di Goodison Park," tulis pernyataan resmi Liverpool.

"Van Dijk harus diganti dan pemeriksaan lebih lanjut cederanya mengungkapkan bahwa dia membutuhkan operasi."

Liverpool tak menyebutkan berapa lama Van Dijk akan absen. Mereka hanya menyebutkan bahwa Van Dijk akan menjalani program rehabilitasi dengan tim medis mereka pasca melakukan operasi.

Media Sky Sports menuliskan bahwa sumber mereka di internal Liverpool menyatakan si pemain akan absen cukup lama.

"Tidak ada kepastian kapan dia akan kembali tetapi sumber kami di klub itu tak menampik dia akan kembali bermain pada musim ini," tulis mereka.

Media Inggris BBC menyebutkan bahwa cedera ligamen seperti yang dialami Van Dijk membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pulih 100 persen. Hal itu akan sangat tergantung kepada proses rehabilitasi yang dialami si pemain.

ACL merupakan satu dari empat ligamen yang menghubungkan tulang tungkai bawah dengan tulang tungkai atas lutut dan menjaga kestabilan. Jika jaringan Ligamen tersebut mengalami kerusakan, baik robek maupun putus, maka pasien akan sulit berjalan dengan sempurna.

Kerusakan ACL biasanya memang terjadi ketika seseorang menjalani aktivitas olahraga dan juga aktivitas yang memberikan tekanan besar kepada lutut. Cedera ini biasanya terjadi ketika seseorang berhenti mendadak dan bergerak ke arah berlawanan, berputar arah dengan tumit tak ikut berputar, mendarat dengan posisi tidak sempurna ketika melompat atau ketika lutut mengalami benturan keras seperti dijegal dalam permainan sepak bola.

Menurut laman Mayo Clinic, cedera ACL biasanya juga menyebabkan cedera di jaringan lainnya. penderitanya beresiko besar mengalami osteoarthiritis atau peradangan sendi meskipun telah dilakukan operasi.

Laman Ortho Info juga menyebutkan bahwa pasien yang mengalami cedera tersebut berpotensi besar mengalami cedera lutut kedua. Hal ini membuat penyembuhan cedera ACL membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa penyembuhan cedera ACL bisa memakan waktu dua hingga lima bulan meskipun telah menjalani operasi. Meskipun demikian, operasi merupakan pilihan yang lebih baik karena jika tidak dilakukan maka proses penyembuhannya bisa memakan waktu tahunan.

Dengan cedera seperti itu, sangat mungkin Virgil van Dijk akan absen hingga tengah musim ini atau bahkan hingga akhir musim nanti. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp jelas harus memutar otak untuk menambal lini pertahanannya.

Pasalnya, sebelum Virgil van Dijk, Liverpool telah kehilangan penjaga gawang Alisson Becker yang mengalami cedera bahu. Alisson disebut masih harus absen enam pekan atau satu setengah bulan lagi.

LIVERPOOL| SKY SPORTS| BBC| MAYO CLINIC| ORTHO INFO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT