Bek Liverpool Virgil van Dijk Cedera, 5 Pemain Ini Bisa Jadi Opsi Penggantinya
TEMPO.CO | 19/10/2020 10:50
Pemain Liverpool Virgil van Dijk ditekel oleh pemain Everton Jordan Pickford dalam pertandingan Liga Inggris, 17 Oktober 2020. REUTERS/Peter Byrne
Pemain Liverpool Virgil van Dijk ditekel oleh pemain Everton Jordan Pickford dalam pertandingan Liga Inggris, 17 Oktober 2020. REUTERS/Peter Byrne

TEMPO.CO, Jakarta - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) setelah tekel keras kiper Everton, Jordan Pickford pada derby Merseyside Sabtu lalu. Pemain internasional Belanda itu harus menjalani operasi dan diperkirakan harus pemulihan dalam waktu lama.

Liverpool berada dalam ancaman jika Van Dijk yang selama ini menjadi pemain kunci di lini pertahanannya tak bisa dimainkan untuk musim 2020-2021 ini. Apalagi, The Reds berambisi mempertahankan gelar juara Liga Premier.

Baca juga: Virgil Van Dijk Cedera, Gelar Juara Liga Inggris Liverpool Terancam

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, harus mencari pengganti Van Dijk untuk lini pertahanannya. Setelah kepergian Dejan Lovren ke klub asal Rusia, Zenit St Petersburg pada akhir Juli lalu, Klopp masih memiliki pasangan Joe Gomez dan Joel Matip, tetapi mereka rentan cedera.

Pelatih asal Jerman itu juga memiliki Fabinho yang bisa menempati peran itu. Namun, bos Liverpool bisa juga mencoba memperkuat lini pertahanan sebelum atau saat bursa transfer Januari mendatang.

Berikut lima pemain bertahan yang bisa menjadi opsi pengganti Virgil van Dijk.

1. Ozan Kabak

Bek Schalke 04 Ozan Kabak. Instagram/@ozankabak4

Liverpool dikaitkan dengan bintang Schalke, Kabak, pada musim panas ini. Namun, juara bertahan Liga Premier ini tidak mengajukan tawaran resmi.

Pemain berusia 20 tahun ini berperingkat tinggi di Jerman tetapi tentu saja harganya tidak akan murah.

Kabak dilaporkan memiliki klausul rilis yang memungkinkannya untuk pergi musim panas mendatang seharga 41 juta pound sterling. Meskipun Schalke bersikeras tidak akan membiarkannya pergi, Liverpool bisa mendapatkannya.

Baru-baru ini, Kabak mengatakan keinginannya untuk menjadi seperti Virgil van Dijk.

"Tujuan pribadi saya adalah menjadi bek top, mungkin dalam dua atau tiga tahun, seperti Virgil van Dijk."

2. Antonio Rudiger

Bek Chelsea Antonio Rudiger. Instagram/@toniruediger

Antonio Rudiger mungkin bukan pemain yang ideal untuk menggantikan peran Van Dijk. Tetapi dia bisa menjadi alternatif perbaikan jangka pendek jika Liverpool mendatangkannya dengan status pinjaman pada bursa transfer Januari mendatang.

Kebugaran Gomez dan Matip akan menjadi perhatian Klopp. Jadi, setidaknya, Rudiger bisa menjadi cadangan yang layak untuk skuad Liverpool.

Pemain internasional Jerman ini memiliki banyak pengalaman tingkat atas, meskipun banyak yang mempertanyakan kemampuannya dengan penampilannya musim lalu. Saat ini, dia tidak bermain untuk Chelsea.

Klubnya juga terbuka melepas Rudiger musim panas ini. Namun, yang menjadi masalah, apakah tim asuhan Frank Lampard itu bersedia melepas pemainnya itu ke klub pesaing.

3. Nat Phillips

Bek Liverpool Nat Phillips. Instagram/@nathaniel_phillips

Tanpa bek andalan mereka, Liverpool bisa saja menjadi panik. Namun, mereka bukan tim yang dikenal suka membuat keputusan sembrono.

Van Dijk mungkin akan absen untuk waktu lama, tetapi Klopp masih mempunyai cukup banyak pemain setidaknya untuk menutup celah saat ini.

Gomez dan Matip kemungkinan akan menjadi duo starter reguler, tetapi Fabinho bisa menjadi alternatif. Dia telah menunjukkan penampilan apik menjadi man of the match saat melawan Chelsea.

Phillips juga bermain lebih dari 20 laga saat berstatus sebagai pemain pinjaman di klub Bundesliga 2 VFB Stuttgart musim lalu, serta penampilan soliter untuk Liverpool dalam kemenangan Piala FA atas Everton.

Dia terlibat pada pertandingan pramusim The Reds. Keberadaannya di lini pertahanan akan memberikan perlindungan yang memadai setidaknya hingga Januari nanti.

4. Rhys Williams

Bek Liverpool Rhys Williams. Instagram/@rhyswilliams4

Philipps bukan satu-satunya bek tengah di Liverpool yang bisa dipakai Klopp. Masih ada pemain muda Rhys Williams.

Sebelumnya, Williams telah tampil dua kali Piala Carabao musim ini setelah satu tahun dipinjamkan ke tim National League North Kidderminster Harriers. Pemain 19 tahun itu juga diperpanjang kontraknya bulan lalu.

Sepp van der Berg dan Billy Koumetio juga dianggap sangat baik di Melwood, tetapi Williams dianggap lebih unggul dibanding mereka.

5. Ben White

Bek Brighton & Hove Albion Ben White. Pool via REUTERS/Mike Hewitt

Bek Brighton ini masuk dalam radar Liverpool selama masa pinjamannya di Leeds. The Reds menargetkan kepindahan White pada musim panas ini tetapi akhirnya batal karena Brighton sangat ingin mempertahankannya.

White telah bermain secara reguler untuk The Seagulls dan dihargai sekitar 25 juta pound sterling.

Baca juga: Virgil van Dijk Cedera ACL, Apa Itu dan Berapa Lama Liverpool Kehilangan Dia?

Sebelumnya Leeds gagal mendapatkan tanda tangan White setelah mengajukan dua kali penawaran. Liverpool harus melampaui angka yang ditawarkan Leeds jika ingin memboyongnya ke Anfield.

MIRROR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT