Wayne Rooney Bicara Soal Kualitas Dominic Calvert-Lewin untuk Timnas Inggris
TEMPO.CO | 26/10/2020 07:24
Pemain Timnas Inggris, Dominic Calvert-Lewin. Reuters/Glyn Kirk
Pemain Timnas Inggris, Dominic Calvert-Lewin. Reuters/Glyn Kirk

TEMPO.CO, Jakarta - Wayne Rooney melihat para pemain muda dari Inggris bagian utara lebih sulit masuk ke timnas Inggris daripada mereka yang di selatan. Rooney berpendapat penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin mestinya dipanggil bergabung ke timnas senior lebih dulu daripada Tammy Abraham dari Chelsea.

Calvert-Lewin mendapat panggilan pertamanya bermain di timnas Inggris pada awal bulan ini. Pemain 23 tahun ini akhirnya dipanggil bergabung dengan skuad asuhan Gareth Southgate setelah penampilannya yang mengesankan pada awal musim, mencetak lima gol dalam tiga pertandingan di Liga Inggris untuk Everton.

Baca juga: Dominic Calvert-Lewin, Si Puncak Pohon Cemara Carlo Ancelotti di Everton

Abraham seumuran dengan Calvert-Lewin. Namun, pemain Chelsea itu memulai debutnya di timnas Inggris pada 2017 saat pertandingan persahabatan melawan Jerman, setelah tampil mengesankan dengan status pinjaman dari Swansea.

Penyerang Chelsea itu kemudian menunggu dua tahun untuk panggilan bergabung di timnas senior berikutnya. Dia masuk ke dalam skuad Southgate pada Oktober 2019 setelah tampil mengesankan di awal musim.

Penyerang Derby County, Wayne Rooney. dcfc.co.uk

Berkaca dari terobosan Calvert-Lewin, di kolom Sunday Times, Rooney mengatakan: "Untuk Inggris, dia bisa menjadi anggota penting dari skuad dan senang melihatnya akhirnya diakui di tingkat internasional."

"Saya selalu berpikir pemuda dari utara harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan peluang di timnas Inggris daripada pemain di klub besar di selatan. Saya merasa Calvert-Lewin pantas mendapatkan kesempatan sebelum Tammy Abraham dari Chelsea."

Baca juga: Dominic Calvert-Lewin Masuk Timnas Inggris, Gareth Southgate Jelaskan Alasannya

Musim lalu Calvert-Lewin mencetak 15 gol untuk Everton, catatan ini adalah yang terbanyak dalam kariernya, dengan kepercataan dari pelatih Carlo Ancelotti. Sang pelatih tetap percaya pada penyerang itu meski sebelumnya telah menjalani sepuluh pertandingan tanpa mencetak gol.

"Kami sedang melihat hasilnya," kata Rooney. "Dominic selalu memilikinya dalam dirinya dan tanda tanya besar adalah apakah dia bisa mencetak gol secara konsisten, tapi sekarang itu akan datang melalui waktu permainan."

“Ketika saya kembali ke Everton, dia memasuki musim keduanya bersama klub. Saya melihatnya dalam latihan dan berpikir 'dia memiliki segalanya'.

Baca juga: Begini Kata Dominic Calvert-Lewin Usai Cetak Gol Debut Saat Inggris Tekuk Wales

"Dia cepat, kuat, bagus di udara. Satu-satunya kelemahannya adalah dia memanfaatkan peluang tetapi dia sudah bekerja keras untuk memperbaikinya dan Duncan Ferguson pantas mendapatkan banyak pujian karena Duncan akan selalu bersamanya setelah latihan dan memberinya kesempatan latihan finishing," kata Wayne Rooney.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT