Peluang Rhys Williams Bersinar di Tengah Krisis Pemain Belakang Liverpool
TEMPO.CO | 31/10/2020 11:49
Bek Liverpool Rhys Williams. Instagram/@rhyswilliams4
Bek Liverpool Rhys Williams. Instagram/@rhyswilliams4

TEMPO.CO, Jakarta - Rhys Williams menjadi salah satu opsi yang tersedia untuk menambal krisis pemain belakang yang menimpa Liverpool saat ini. Joel Matip dan Fabinho yang diplot sebagai pengganti Virgil van Dijk untuk berduet dengan Joe Gomez di jantung pertahanan The Reds juga cedera sehingga memperburuk keadaan.

Van Dijk merupakan bek andalan Liverpool. Bek internasional Belanda ini mengalami cedera lutut saat derby Merseyside melawan Everton 2-2 dalam Liga Inggris di Goodison Park pertengahan bulan lalu. Ketika itu dia terlibat bentrokan dengan kiper Everton, Jordan Pickford.

Selama Van Dijk absen, gelandang Fabinho ditarik ke belakang menempati posisi bek tengah karena Joel Matip juga cedera. Namun, Fabinho baru-baru ini juga harus menepi lantaran cedera hamstring saat bermain di laga kedua Liga Champions ketika timnya mengalahkan tuan rumah Midtjylland 2-0.

Baca juga: Liverpool Vs West Ham di Liga Inggris, Preview dan Perkiraan Susunan Pemain

Pemain Liverpool Virgil van Dijk ditekel oleh pemain Everton Jordan Pickford dalam pertandingan Liga Inggris, 17 Oktober 2020. REUTERS/Peter Byrne

Rhys Williams masuk menggantikan Fabinho saat melawan Midtjylland. Penampilan pemain 19 tahun yang musim lalu dipinjamkan ke Kidderminster Harriers, tim divisi enam itu tidak mengecewakan Jurgen Klopp.

Di tengah situasi krisis pemain bertahan Liverpool sekarang ini, Rhys Williams mempunyai peluang untuk menunjukkan kualitasnya ketika diberi kesempatan bermain. Dia diprediksi bakal menjalani debutnya di Liga Premier Inggris ketika timnya menjamu West Ham pada Sabtu ini.

Klopp mengakui cederanya Virgil van Dijk kemudian Joel Matip dan Fabinho membuka peluang Williams yang mengantre untuk debutnya di Liga Premier.

Pelatih asal Jerman itu mengaku tidak tahu banyak tentang Rhys Williams saat pemain itu dipinjamkan ke Kidderminster Harriers musim lalu. Meski begitu, dia yakin bek berusia 19 tahun itu mempunyai kualitas.

Pelatih pengembangan Elit Vitor Mator merekomendasikan Rhys Williams untuk berlatih dengan tim utama saat pemain muda lain, Billy Koumetio yang berusia 17 tahun cedera pada pramusim lalu.

"Saya terlibat dalam banyak hal, tapi tidak semuanya. Jadi, bukan berarti saya mengenal Rhys Williams sebelum dia dipinjamkan," kata Klopp.

Baca juga: 3 Pemain Liverpool Ini Disiapkan Sebagai Pengganti Fabinho yang Cedera

Pemain Liverpool, Rhys Williams saat bertanding melawan FC Midtjylland dalam penyisihan grup D Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, 27 Oktober 2020. REUTERS/Michael Regan

"Kami tahu dari pramusim, Nat Phillips telah kembali (dari masa pinjamannya di Stuttgart). Saya sudah mengenalnya sejak lama dan sangat menyukainya, pemain sensasional, berkarakter, petarung sejati. Kami tahu tentang 'Billy the Kid', dia bergabung bersama kami pada pramusim."

"Lalu, ketika Billy cedera, kami berpikir 'Oke, bagaimana kami bisa mengisinya?'. Dan Vitor berkata, 'Tidak, ada Rhys Williams, dia benar-benar bagus'. 'Oke, tarik dia'. Kemudian saya melihatnya pertama kali dan dari saat pertama itu dia cukup mengesankan. Dia juga berkarakter, membantu, jadi itulah situasi sekarang," tutur Klopp.

Dia menambahkan, "Itulah yang saya maksud, ketika Anda memiliki masalah, Anda perlu menyadari bahwa ada masalah maka Anda harus mencari solusinya. Solusi kami sekarang adalah pemain muda."

"Kami akan melihat bagaimana kami akan memanfaatkannya. Tapi mereka akan membantu kami dan kami akan membantu mereka, Rhys adalah salah satunya," kata Jurgen Klopp.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Sabtu Malam Ini: Liverpool Berpeluang Kudeta Everton

Kabar terbaru dari Virgil van Dijk, bek asal Belanda itu telah sukses menjalani operasi lutuh pada Jumat kemarin. Setelah operasi itu, kini dia fokus pada rehabilitasi.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT