Ronald Koeman Punya 6 Pilihan Untuk Gantikan Posisi Ansu Fati di Barcelona
TEMPO.CO | 10/11/2020 09:23
Aksi pemain Barcelona, Ansu Fati saat berebut bola di antara pemain Real Betis dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, 7 November 2020. REUTERS
Aksi pemain Barcelona, Ansu Fati saat berebut bola di antara pemain Real Betis dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, 7 November 2020. REUTERS

TEMPO.CO, JakartaBarcelona dipastikan kehilangan Ansu Fati selama empat bulan ke depan. Pemain internasional Spanyol itu harus menjalani operasi meniskus pada Senin setelah mengalami cedera lutut serius pada laga kontra Real Betis akhir pekan kemarin.

Kehilangan Ansu Fati merupakan kerugian besar bagi Barcelona. Pasalnya pemuda berusia 18 tahun itu dinilai sebagai pemain yang paling konsisten di skuad asuhan Ronald Koeman saat ini.

Fati sejauh ini telah mencetak lima gol dan empat assist dari 10 laga Barcelona di semua kompetisi. Dia hanya tertinggal satu gol dari Lionel Messi, tetapi dengan catatan Messi menciptakan lima gol dari titik penalti.

Selama absen Fati, Ronald Koeman harus mencari pengganti untuk mengisi sisi kiri lini serang timnya. Beruntun bagi Koeman, dia memiliki banyak opsi yang bisa bermain di posisi tersebut. Berikut calon pengganti Ansu Fati selama si pemain absen.

1. Pedri

Pedri merupakan salah satu pemain muda yang cukup mencuri perhatian di awal musim ini. Baru dibeli Barcelona dari Las Palmas, dia langsung mendapatkan kepercayaan dari Koeman dengan bermain sejak awal di beberapa laga.

Pedri berpose sambil memegang jersey Barcelona yang bertuliskan namanya, di Barcelona, Spanyol, 20 Agustus 2020. Pedri diboyong Barcelona dari Las Palmas dengan nilai transfer 5 juta euro atau sekitar Rp87,5 miliar. REUTERS/Albert Gea

Pedri sebenarnya berposisi sebagai gelandang serang, posisi yang sama dengan Philippe Coutinho, akan tetapi dia dinilai tak akan keberatan jika harus bermain di posisi sayap kiri demi mendapatkan waktu bermain lebih banyak.

2. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho tampak mulai kembali menemukan performa terbaiknya di bawah asuhan Ronald Koeman. Hal itu tak lepas dari kepercayaan Koeman memberinya peran sebagai gelandang serang di belakang seorang penyerang.

Akan tetapi pemain asal Brasil itu juga dikenal bisa bermain sebagai sayap kiri. Dia pernah bermain di posisi itu di Barcelona sebelum dipinjamkan ke Bayern Munchen dua musim lalu.

Philippe Coutinho. Instagram

Coutinho saat ini juga tengah mengalami cedera, namun dia diprediksi akan segera pulih pasca jeda internasional.

3. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele juga dinilai mulai menunjukkan peningkatan performa setelah tiga musim terakhir lebih banyak menderita cedera. Sejauh ini dia telah mendapatkan kesempatan bermain sebanyak delapan kali meskipun sebagian besar sebagai pemain pengganti.

Penyerang Barcelona Ousmane Dembele, mencetak gol ke gawang Juventus dalam pertandingan Grup G Liga Champions di stadion Alianz di Turin, 29 Oktober 2020. REUTERS/Massimo Pinca

Di awal musim ini Dembele telah mencetak tiga gol dan satu asssist. Akan tetapi penampilan pemain asal Prancis tersebut dinilai masih jauh dari kata konsisten.

Berposisi asli sebagai sayap kanan, Dembele juga disebut tak akan keberatan jika diminta berganti sisi. Dia bisa mendapat lebih banyak waktu bermain dengan mengisi kekosongan yang ditinggalkan Ansu Fati.

4. Trincao

Trincao juga merupakan salah satu pemain muda yang cukup mendapat kepercayaan dari Ronald Koeman di awal musim ini. Dibeli dari klub Portugal, Braga, Trincao dinilai memberikan warna lain dalam permainan Barcelona musim ini.

Akan tetapi pemuda berusia 20 tahun itu belum sekali pun mencetak gol atau assist dari sembilan kesempatan bermain yang dia dapatkan.

Aksi pemain Barcelona, Francisco Trincao saat berebut bola dengan pemain Real Betis, Victor Ruiz dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, 7 November 2020. Kemenangan tersebut juga membuat Barcelona menanjak ke urutan kedelapan klasemen dengan koleksi 11 poin. REUTERS

Meskipun kerap beroperasi di sayap kanan, Trincao sebenarnya pemain berkaki kiri. Karena itu, dia bisa saja menggantikan posisi Ansu Fati.

5. Konrad de la Fuente

Pilihan paling natural untuk menggantikan posisi Ansu Fati adalah Konrad de la Fuente. Pemain asal Amerika Serikat itu sempat mendapatkan pujian dari Ronald Koeman pada sejumlah laga pra musim.

Sayangnya, keberadaan Ansu Fati membuat Konrad harus tersingkir ke tim Barcelona B. Di telah bermain dua kali bersama tim lapis kedua Barcelona tersebut akan tetapi belum menciptakan gol ataupun assist.

6. Sergino Dest

Didatangkan dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas ini, Sergino Dest disebut sebagai pemain multi posisi. Dia memang lebih banyak bermain sebagai bek kanan, tetapi di awal karirnya Dest justru bermain sebagai sayap kiri dan bek kiri.

Sergino Dest menjadi rekrutan pertama Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman. Pada bursa transfer musim panas ini, Barcelona sebenarnya telah mendatangkan Trincao dan Pedri, tetapi kesepakatan transfer kedua pemain itu dilakukan sebelum Koeman menduduki posisi Pelatih Barcelona. foto/instagram/fcbarcelona

Sejauh ini, Dest sendiri telah mendapatkan kepercayaan dari Ronald Koeman. Dia telah bermain sebanyak enam kali bersama Barcelona meskipun belum terlihat kontribusi maksimal yang dia berikan.

MARCA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT