Prediksi Chelsea Vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris Ahad 29 November 2020
TEMPO.CO | 28/11/2020 14:27
REUTERS
REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Laga pekan ke-10 Liga Inggris antara Chelsea vs Tottenham Hotspur akan berlangsung pada Ahad malam besok 29 November 2020. Kedua tim dianggap sebagai kandidat kuat juara Liga Inggris musim ini.

Tim tamu Tottenham Hotspur merupakan pemuncak klasemen Liga Inggris saat ini. Skuad asuhan Jose Mourinho telah mengumpulkan 20 angka dari sembilan laga. Mereka unggul dua angka saja dari Chelsea yang berada di posisi ketiga.

Performa kedua tim saat ini tak jauh berbeda. Tottenham Hotspur mengantongi rekor empat kemenangan beruntun di Liga Inggris sementara dan Chelsea mengantongi tiga kemenangan beruntun

Tottenham berhasil mengalahkan Burnley, Brighton, West Brom serta Manchester City dalam empat laga sebelumnya sementara Chelsea sempat ditahan imbang Manchester United sebelum menumbangkan Burnley, Sheffield United dan Newcastle United.

Akan tetapi Chelsea sedikit lebih unggul soal produktivitas gol. Skuad asuhan Frank Lampard berhasil mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan satu gol saja dari empat laga tersebut. Tottenham sedikit lebih kurang produktif karena hanya mencetak tujuh gol dan kebobolan satu gol meskipun mengantongi satu kemenangan lebih banyak.

Rekor pertemuan kedua tim lebih memihak kepada Chelsea. Dari total 56 laga, Chelsea berhasi meraih 30 kemenangan sementara Tottenham hanya memiliki tujuh kemenangan.

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Chelsea juga unggul dengan empat kemenangan sementara Tottenham hanya mengantongi satu kemenangan saja.

Berikut hasil 5 laga terakhir Chelsea vs Tottenham Hotspur di semua kompetisi:
Sept 2020 - Tottenham Hotspur vs Chelsea - 6-5 (pen) - Carabo Cup
Feb 2020 - Chelsea vs Tottenham Hotspur - 2-1 - Liga Inggris
Des 2019 - Tottenham Hotspur vs Chelsea - 0-2 - Liga Inggris
Feb 2019 - Chelsea vs Tottenham Hotspur - 2-0 - Liga Inggris
Jan 2019 - Chelsea vs Tottenham Hotspur - 6-3 (pen) - Carabao Cup

Pelatih Frank Lampard pun tak bisa lagi dianggap sebagai pelatih anak bawang. Pasalnya, dia memiliki rekor pertemuan yang apik kala beradu taktik dengan Jose Mourinho. Empat kali beradu taktik, Lampard berhasil tiga kali menang dan hanya sekali menelan kekalahan.

Lampard bahkan mampu membawa Derby County yang merupakan tim divisi kedua di Liga Inggris mengalahkan Manchester United yang dilatih Mourinho pada 2018 lalu.

Kabar baik bagi Chelsea adalah karena mereka disebut telah kembali dapat menurunkan Christian Pulisic dan Kai Havertz. Pulisic dipastikan telah pulih dari cedera hamsting yang membuat dia absen nyaris sepanjang awal musim ini sementara Havertz telah dinyatakan negatif Covid-19.

Chelsea hanya akan kehilangan gelandang muda Charly Musonda Jr yang masih menjalani pemulihan pasca operasi lutut. Akan tetapi Lampard tak perlu khawatir karena memiliki stok gelandang berlimpah.

Mourinho di sisi lain justru mengalami masalah karena bek senior Toby Alderweireld dipastikan masih akan absen karena cedera di bagian paha yang dia alami pada laga kontra Manchester City akhir pekan sebelumnya.

Pada laga Liga Europa Jumat kemarin, Mourinho memasang pemain muda Japhet Tanganga sebagai duet Davinson Sanchez. Untuk laga kontra Cheslea, Tanganga kemungkinan besar akan digantikan oleh Joe Rodon yang lebih bugar karena tak bermain pada tengah pekan ini.

Pemain sayap kanan Erik Lamela juga masih belum pulih dari cedera oto betis yang dia derita pada pada kontra Brighton awal bulan ini. Akan tetapi untuk posisi Lamela Mourinho masih memiliki Lucas Moura dan Gareth Bale yang bisa bermain.

Berikut prediksi susunan pemain laga Chelsea vs Tottenham Hotspur:

Chelsea (4-3-3): Mendy; James, Zouma, Silva, Chilwell; Havertz, Kante, Mount; Ziyech, Abraham, Werner

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Doherty, Rodon, Dier, Reguilon; Sissoko, Hojbjerg; Son, Ndombele, Bergwijn; Kane

Faktor bermain di Liga Europa juga sedikit tak menguntungkan bagi Tottenham Hotspur. Mereka praktis memiliki waktu dua hari lebih sedikit ketimbang Chelsea dalam mempersiapkan laga ini.

Faktor kelelahan plus cedera pemain bisa mengganggu anak asuh Jose Mourinho dalam mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Inggris. Apalagi yang mereka hadapi saat ini adalah Chelsea yang merupakan tim dengan lini serang terbaik di Liga Inggris.

Chelsea sejauh ini telah mencetak 22 gol, unggul satu gol dari Tottenham dan Liverpool.

Selain itu, kehadiran Edouard Mendy di bawah mistar gawang Chelsea juga bisa menjadi faktor pembeda. Sejak dipercaya menjadi penjaga gawang nomor satu Chelsea, Mendy baru kebobolan satu kali dari lima laga.

Akan tetapi Chelsea sejauh ini belum teruji saat harus menghadapi tim-tim besar di Liga Inggris. Mereka sempat dikalahkan Liverpool 0-2 dan hanya bermain imbang 0-0 dengan Manchester United.

Sementara Tottenham Hotspur diyakini lebih percaya diri menghadapi tim besar setelah meraih kemenangan 6-1 atas Manchester United dan mengalahkan Manchester City 2-0 pada akhir pekan sebelumnya.

Karena itu, bak Chelsea maupun Tottenham Hotspur memiliki peluang yang sama besarnya untuk meraih kemenangan pada laga kali ini. Hasil imbang juga sangat mungkin menutup laga derbi London tersebut.

Laga Liga Inggris pekan ke-10 antara Chelsea vs Tottenham Hotpur akan berlangsung pada Ahad malam 29 November 2020 pukul 23.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV.

SPORT MOLE| DAILY MAIL| TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT