Timnas U-16 Akan Gelar TC Lanjutan di Sleman Mulai 6 Desember
TEMPO.CO | 29/11/2020 11:35
Pemain timnas U-16 Indonesia. PSSI.org
Pemain timnas U-16 Indonesia. PSSI.org

TEMPO.CO, JakartaTimnas U-16 akan melanjutkan pemusatan latihan (TC) untuk persiapan menghadapi Piala Asia U-16 mulai 6 Desember 2020 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Rencananya kami akan TC kembali pada tanggal 6 Desember 2020 yang kemungkinan diselenggarakan di Sleman," kata pelatih timnas U-16, Bima Sakti dalam laman resmi PSSI, Minggu.

Bima mengatakan dia dan staf pelatih akan terus memperbaiki performa para pemainnya dalam latihan. Menurut pelatih, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti koordinasi dan pertahanan.

"Semoga saja bisa lebih baik lagi. Sampai saat ini koordinasi masih kurang terutama barisan bertahan, di mana mereka harus sejajar dan drop back saat lawan melakukan long pass direct. Itu yang akan terus kami perbaiki," kata Bima.

Baca juga: Ini Menu Latihan dari Bima Sakti untuk Menambal Kelemahan Timnas U-16

Pelatih timnas U-16, Bima Sakti. Pssi.org

Selain membenahi aspek teknik, taktik, fisik dan mental, Bima juga membiasakan timnya dengan cuaca dan jadwal pertandingan kompetisi tingkat Asia yang akan digelar di Bahrain pada tahun depan.

"Saya menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu main, istirahat, lalu bermain kembali," kata pelatih timnas Indonesia dalam Piala AFF 2018 itu.

"Saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kami lakukan pagi hingga siang hari," dia menambahkan.

Baca juga: Bima Sakti Fokus Tingkatkan Taktik dan Teknik Pemain Timnas U-16

Timnas U-16 baru saja menyudahi TC untuk bulan November di Stadion Pakansari, Bogor, pada Sabtu kemarin yang ditandai dengan pertandingan internal. Pemusatan latihan ini diikuti 26 pemain.

TC di Pakansari itu berlangsung setelah timnas U-16 beruji cob di Uni Emirat Arab menghadapi tim tuan rumah dalam dua kali pertandingan. Hasilnya, skuad asuhan Bima Sakti kalah dalam dua laga tersebut.

Dari pertandingan itu, Bima Sakti mempunyai catatan untuk timnya. "Koordinasi lini belakang selama ini menjadi kekurangan. Hal itu terlihat saat dua kali bertemu UAE," tuturnya.

"Namun, sekarang, semuanya semakin membaik. Saya ingin saat bertanding tim bermain lebih dekat dan rapat dalam bertahan untuk mengantisipasi serangan balik langsung dari lawan," kata Bima menambahkan.

Bima Sakti menilai para pemainnya sudah semakin siap menghadapi Piala Asia U-16 tahun depan setelah TC terakhir bulan November ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT