Prediksi Cadiz Vs Barcelona di Liga Spanyol Ahad 6 Desember 2020
TEMPO.CO | 04/12/2020 20:59
Barcelona. REUTERS/Bernadett Szabo
Barcelona. REUTERS/Bernadett Szabo

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Spanyol antara Cadiz vs Barcelona akan berlangsung pada Ahad dinihari 6 Desember 2020. Barcelona mengincar kemenangan keempatnya secara beruntun.

Barcelona menyambut laga kontra Cadiz dengan tren positif. Pada Rabu kemarin mereka meraih kemenangan ketiganya secara beruntun setelah menumbangkan Ferencvaros 3-0.

Raihan itu merupakan yang terbaik di era kepemimpinan Ronald Koeman. Sebelumnya Barcelona kerap tampil tidak konsisten yang membuat mereka kini menempati posisi ketujuh klasemen Liga Spanyol dengan perolehan 14 angka dari sembilan laga.

Sebaliknya, tim tuan rumah justru tengah dalam tren negatif. Tim yang baru promosi itu sebenarnya mampu tampil mengejutkan dengan mengalahkan Athletic Bilbao dan Real Madrid di awal musim, tetapi dalam tiga laga terakhir Cadiz justru hanya meraih satu angka.

Skuad asuhan Alvaro Cervera juga hanya mampu mencetak satu gol dari tiga laga itu. Padahal dari delapan laga sebelumnya klub penghuni posisi keenam klasemen Liga Spanyol itu mampu menyarangkan delapan gol.

Peluang Cadiz untuk memenangkan laga kontra Barcelona juga semakin kecil jika kita melihat hasil laga sebelumnya. Kedua tim total sudah melakoni 24 pertemuan dengan hasil 19 kemenangan untuk Barcelona dan hanya dua kemenangan untuk Cadiz, tiga laga lainnya berakhir imbang.

Dalam lima pertemuan terakhir, Cadiz juga selalu meraih kekalahan dari Barcelona. Barcelona bahkan nyaris selalu mencetak lebih dari satu gol di lima pertemuan tersebut.

Berikut hasil lima pertemuan terakhir Cadiz vs Barcelona:
2005-2006 - Barcelona vs Cadiz - 1-0
2005-2006 - Cadiz vs Barcelona - 1-3
1992-1993 - Barcelona vs Cadiz - 4-1
1992-1993 - Cadiz vs Barcelona - 0-4
1991-1992 - Cadiz vs Barcelona - 0-2

Pelatih Ronald Koeman juga tampak telah mempersiapkan laga ini dengan sangat baik. Pada tengah pekan lalu, dia mengistirahatkan sejumlah pemain intinya.

Lionel Messi, Philippe Coutinho dan Marc-Andre ter Stege tak diikut sertakan dalam lawatan ke markas Ferencvaros. Koeman juga tak menguras habis tenaga Antoine Griezmann dan Martin Braithwaite pada laga itu dengan menarik mereka keluar pada babak kedua.

Barcelona memang masih akan kehilangan bek Gerard Pique, Sergi Roberto dan penyerang Ansu Fati, tetapi performa Oscar Mingueza, Sergino Dest dan Martin Braithwate yang menjadi pelapis membuat Koeman tampak lebih tenang.

Ketiganya dianggap sukses mengisi posisi yang bolong di skuad Ronald Koeman. Tiga kemenangan plus sebelas gol dan tak kebobolan satu pun menjadi bukti kenapa Koeman bisa lebih tenang menghadapi badai cedera yang mereka alami.

Kabar baik bagi Barcelona, bek Ronald Araujo telah mendapatkan izin dari tim medis untuk kembali bermain. Koeman pun mencantumkan nama bek muda asal Uruguay itu dalam daftar pemain yang dia boyong ke markas Cadiz.

Cadiz sebenarnya bisa dianggap memiliki skuad yang lebih bugar. Pasalnya mereka tak bermain di ajang Liga Champions maupun Liga Europa. Artinya mereka memiliki waktu satu pekan lebih untuk memulihkan tenaga dan mengatur strategi untuk menghadapi Barcelona.

Akan tetapi Cervera dipastikan masih belum bisa menurunkan lini depan terbaiknya. Penyerang Alvaro Negredo yang telah memberikan dua gol dan tiga assist disebut masih berkutat dengan cedera.

Pemain sayap Salvi Sanchez memang telah pulih dari cedera, tetap Cervera belum bisa memastikan apakah dia akan bermain sejak awal atau tidak.

Berikut prediksi susunan pemain laga Cadiz vs Barcelona:

Cadiz (4-3-3): Ledesma; Carcelen, Mauro, Fali, Espino; Garrido, Alex, Jonsson; Perea, Negredo, Sanchez

Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen; Dest, Mingueza, Lenglet, Alba; De Jong, Busquets; Griezmann, Messi, Coutinho; Braithwaite

Martin Braithwaite bisa kembali menjadi pusat perhatian dalam laga kali ini. Dalam tiga laga terakhir, penyerang asal Denmark itu sukses mencetak empat gol dan dua assist.

Kehadiran Braithwaite yang mulai mendapatkan kepercayaan dari Ronald Koeman pun memberi efek positif bagi Antoine Griezmann. Penyerang asal Prancis tersebut pun menjadi lebih produktif dengan torehan tiga gol dalam tiga laga terakhir. Padahal, dalam 10 laga sebelumnya Griezmann hanya mampu mencetak dua gol saja.

Tak hanya Griezmann, Lionel Messi juga merasakan efek kehadiran Braithwaite. Messi tampak seperti menemukan kembali sosok Luis Suarez yang kerap menjadi pembuka ruang baginya untuk mencetak gol.

Pada laga kontra Osasuna pekan lalu, Messi akhirnya kembali mencetak gol setelah sempat seret gol.

Tampil dengan kekuatan terbaik dan kondisi moral tim yang tinggi membuat Barcelona praktis jauh lebih diunggulkan ketimbang Cadiz. Apalagi mereka juga harus segera bangkit di Liga Spanyol jika tak ingin semakin tertinggal dalam perburuan gelar juara musim ini.

Laga Liga Spanyol antara Cadiz vs Barcelona akan berlangsung pada Ahad dini hari pukul 03.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh beIN Sports.

AS| MARCA| SPORTMOLE| TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT