Southampton Vs Manchester City, Guardiola Tak Akan Istirahatkan De Bruyne
TEMPO.CO | 18/12/2020 22:59
Aksi pemain Southampton, Nathan Redmond saat berebut bola dengan pemain Manchester City, Kevin De Bruyne dalam laga lanjutan Liga Inggris di stadion St Mary, Inggris, 15 April 2017. REUTERS
Aksi pemain Southampton, Nathan Redmond saat berebut bola dengan pemain Manchester City, Kevin De Bruyne dalam laga lanjutan Liga Inggris di stadion St Mary, Inggris, 15 April 2017. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Inggris antara Southampton vs Manchester City akan berlangsung pada Sabtu malam 19 Desember 2020. Manajer Manchester City Pep Guardiola mengatakan gelandang Kevin De Bruyne tidak akan diistirahatkan karena dinilai berpean sangat penting bagi timnya saat mereka kesulitan mencetak gol musim ini.

Kevin de Bruyne tercatat telah selalu bermain penuh pada tujuh pertandingan Liga Inggris terakhir Manchester City. Dia juga sempat bermain dua kali untuk Belgia bulan lalu.

Dalam konferensi pers menjelang laga kontra Southampton, Pep Guardiola mengatakan tak khawatir dengan kebugaran gelandang andalannya itu. Dia menyatakan tak akan mengistirahatkan De Bruyne karena si pemain telah mendapatkan istirahat yang cukup dengan tak dimainkan dalam sejumlah laga di ajang lainnya.

"Tidak (diistirahatkan), sekarang, tidak. Dia terlalu penting bagi kami," kata Guardiola seperti dilansir laman Reuters.

"Dia tidak akan beristirahat. Dia beristirahat di Liga Champions, dia beristirahat dalam pertandingan lain pada pekan-pekan sebelumnya ... Saat ini kami membutuhkannya."

Manchester City memang sangat membutuhkan Kevin De Bruyne. Dengan hengkangnya David Silva pada awal musim lalu, Guardiola praktis hanya memiliki De Bruyne sebagai kreator serangan dari lini tengah.

Di Liga Inggris saja, De Bruyne tercatat sebagai pencetak assist terbanyak Manchester City dengan torehan enam assist. Dia juga telah mencetak dua gol yang membuat dia hanya kalah dari Riyad Mahrez (empat gol) dan Raheem Sterling (tiga gol).

Guardiola mengatakan City harus menciptakan lebih banyak peluang dan membandingkan jumlah gol yang mereka cetak dengan berapa banyak yang mereka ciptakan pada tahap musim perebutan gelar di bawah pelatih Spanyol itu.

"Realitasnya adalah membandingkan 40 gol yang kami cetak dalam 12 pertandingan pertama pada tahun ketika kami memenangkan Liga Premier pertama kami (pada 2018), 36 untuk gelar kedua kami (2019) dan musim lalu, kami telah mencetak 35 gol pada tahap ini. Tahun ini kami memiliki 18."

"Musim lalu kami mencetak lebih banyak gol daripada sang juara (Liverpool) tapi sayangnya kami kebobolan terlalu banyak. Kami harus mencetak lebih banyak, semua orang tahu itu, tapi itu tidak tergantung pada satu pemain tertentu. Ini bukan hanya tanggung jawab para striker ... Semua orang terlibat untuk menciptakan peluang yang lebih jelas," ujarnya.

Kesulitan mencetak gol membuat Manchester City menjalani paruh pertama musim ini dengan cukup buruk. Mereka saat ini menduduki posisi kesembilan klasemen sementara dengan perolehan 20 angka dari 12 laga.

Sementara Southampton yang akan menjadi tuan rumah justru memiliki performa yang lebih baik. Skuad asuhan Ralph Hasenhuttl untuk sementara waktu menduduki posisi ketiga dengan perolehan 24 angka dari 13 laga.

Laga Liga Inggris antara Southampton vs Manchester City akan berlangsung pada Sabtu malam 19 Desember 2020. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT