Klopp Pastikan Liverpool Tak Akan Beli Pemain Baru di Bursa Transfer Januari
TEMPO.CO | 08/01/2021 08:40
Jurgen Klopp dan Georginio Wijnaldum. REUTERS
Jurgen Klopp dan Georginio Wijnaldum. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memastikan mereka tak akan membeli pemain baru pada bursa transfer Januari ini. Dengan begitu dia masih akan mengandalkan para pemain mudanya untuk mengatasi masalah krisis bek tengah.

Dalam konferensi pers menjelang laga putaran ketiga Piala FA kontra Aston Villa, Klopp menyatakan bahwa Liverpool tak memiliki dana untuk memboyong pemain baru pada bursa transfer musim dingin ini. Dia menyatakan bahwa situasi krisis ekonomi karena pandemi Covid-19 saat ini bukanlah saat yang tepat untuk melakukan investasi besar.

"Jika dunia dalam kondisi normal dan kami mengalami masalah seperti ini, anda bisa memastikan bahwa kami akan mengupayakan segala hal untuk berbuat benar sekarang," ujar Klopp.

"Tetapi dunia tidak dalam situasi yang normal, jadi saya tak tahu kenapa kita semua memperlakukan klub sepak bola seperti tidak terpengaruh dari apa yang sedang dialami di dunia."

"Ini bukan waktu yang tepat untuk melakukan investasi besar jika anda tak memiliki dana. Jelas, klub sepak bola hidup dari apa yang mereka hasilkan. Kami masih belum bisa memasukkan suporter ke stadion, banyak hal masih tak normal saat ini dan itu telah berlangsung cukup lama."

Jurgen Klopp juga menyatakan bahwa dirinya tetap akan berupaya sekuat tenaga untuk memastikan Liverpool meraih gelar juara musim ini. Dia menilai membeli pemain baru bukan satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah krisis di lini pertahanan timnya.

Dia juga memastikan bahwa Fenway Sports, pemilik Liverpool, juga menginginkan mereka bisa membeli pemain baru. Meskipun demikian, menurut Klopp, mereka tak akan mengambil tindakan yang bisa membahayakan keuangan klub.

"Saya tidak bisa mendatangi mereka (pemilik Liverpool) dan berkata: 'Tanpa pemain baru kita tidak bisa memenangkan apapun.' Kita harus melakukan yang terbaik, dan itulah yang selalu kita lakukan. Bukannya tidak ada yang menginginkan (bek tengah baru); pertanyaannya adalah apakah kita bisa?" kata Klopp.

“Pada situasi normal semua orang berpikir pemilik kami sangat murah hati dan di saat-saat buruk semua orang berpikir mereka sangat pelit, tetapi sebenarnya tidak,” katanya.

“Mereka sangat memperhatikan klub dan kesuksesan klub dan memahami bagaimana kami memilikinya. Mereka melihat hal yang sama persis dengan yang saya lihat tentang perlunya merekrut pemain dan hal-hal seperti ini."

Liverpool memang tengah mengalami krisis bek tengah setelah tiga pemain mereka - Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip - mengalami cedera. Untuk mengatasi masalah itu, Klopp melakukan improvisasi dengan memainkan gelandang bertahan Fabinho di depan gawang Alisson Becker. '

Selain itu, Klopp juga memangil Rhys Williams dan Nathaniel Phillips pemain muda dari tim lapis kedua.

Solusi yang dilakukan Klopp sebenarnya membuahkan hasil cukup bagus. Buktinya Liverpool saat ini menempati puncak klasemen Liga Inggris dengan rekor 13 laga tak terkalahkan.

LIVERPOOL ECHO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT