Prediksi Real Sociedad Vs Barcelona di Semifinal Piala Super Spanyol
TEMPO.CO | 13/01/2021 11:40
Bek Barcelona Jordi Alba, mencetak gol ke gawang Real Sociedad dalam pertandingan Liga Inggris di Camp Nou, Barcelona, 17 Desember 2020. REUTERS/Albert Gea
Bek Barcelona Jordi Alba, mencetak gol ke gawang Real Sociedad dalam pertandingan Liga Inggris di Camp Nou, Barcelona, 17 Desember 2020. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Jakarta - Laga semifinal Piala Super Spanyol antara Real Sociedad vs Barcelona akan berlangsung pada Kamis dinihari nanti, 14 Januari 2021. Performa Lionel Messi cs yang tengah menanjak membuat mereka lebih diunggulkan melaju ke partai final.

Barcelona tercatat memiliki rekor delapan laga tak terkalahkan saat ini. Dalam tiga laga terakhir, mereka juga meraih kemenangan.

Terakhir Barcelona menggasak Granada 4-0 di ajang Liga Spanyol. Dua gol Antoine Griezmann dan dua gol Lionel Messi membuat Barcelona naik ke peringkat ketiga klasemen Liga Spanyol.

Sementara performa Real Sociedad justru tengah menurun. Dalam tujuh laga terakhir, skuad asuhan Imanol Alguacil hanya meraih satu kemenangan. Akhir pekan kemarin mereka pun menelan kekalahan 2-3 dari Sevilla.

Rentetan hasil buruk itu membuat Real Sociedad yang sempat menempati puncak klasemen Liga Spanyol kini hanya berada di posisi kelima.

Rekor pertemuan kedua tim juga menunjukkan bahwa Barcelona lebih layak diunggulkan meraih kemenangan. Dari total 160 kali bertemu, Barcelona mengantongi 90 kemenangan sementara Real Sociedad hanya meraih 33 kemenangan, 37 laga lainnya berakhir dengan imbang.

Dalam 10 pertemuan terakhir, Barcelona nyaris meraih kemenangan sempurna. Mereka hanya sekali gagal menang, yaitu saat bermain imbang 2-2 pada musim lalu.

Pada pertengahan Desember lalu, Barcelona juga mengalahkan Real Sociedad 2-1. Sempat unggul lewat Willian Jose, Real Sociedad harus menyerah setelah Jordi Alba dan Frenkie de Jong mencetak dua gol sebelum turun minum.

Berikut hasil 5 pertemuan terakhir Real Sociedad vs Barcelona:
2020-2021 - Barcelona vs Real Sociedad - 2-1
2019-2020 - Barcelona vs Real Sociedad - 1-0
2019-2020 - Real Sociedad vs Barcelona - 2-2
2018-2019 - Barcelona vs Real Socoedad - 2-1
2018-2019 - Real Sociedad vs Barcelona - 1-2

Menurunnya performa Real Sociedad saat ini tak lepas dari cedera yang dialami gelandang David Silva. Eks pemain Valencia dan Manchester City itu merupakan motor serangan Sociedad saat ini.

Praktis sejak Silva cedera, Sociedad hanya berhasil meraih satu kemenangan dari sembilan laga. Dia sempat kembali bermain pada laga kontra Atletico Madrid pada akhir Desember namun kembali harus masuk ruang perawatan.

Silva masih akan absen pada laga kontra Barcelona sementara gelandang bertahan Asier Illarramendi diragukan akan tampil sejak awal karena dia baru pulih dari cedera.

Baca: Ternyata Barcelona Tolak Cristiano Ronaldo Karena Ronaldinho

Penyerang Willian Jose diprediksi akan kembali bermain setelah sempat disimpan pada laga kontra Sevilla. Pemain sayap Mikel Oyarzabal yang telah pulih dari cedera dan bermain pada laga kontra Sevilla pun diprediksi akan kembali masuk ke dalam susunan pemain awal Real Sociedad.

Di kubu Barcelona, Ronald Koeman tak mendapatkan tambahan cedera. Lionel Messi, Sergino Dest dan Frenkie de Jong yang sempat mengalami benturan pada laga kontra Granada dipastikan siap bermain. Begitu juga dengan bek Ronald Araujo yang sempat absen pada sesi latihan Selasa sore.

Lini belakang Barcelona pun dipastikan akan kembali diperkuat oleh Clement Lenglet. Bek tengah asal Prancis itu sempat absen pada laga kontra Granada karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

Koeman masih tak akan dapat memainkan Ansu Fati, Philippe Coutinho, Gerard Pique dan Sergi Roberto. Absennya keempat pemain itu tampaknya tak menjadi masalah melihat performa mereka belakangan ini.

Berikut prediksi susunan pemain laga Real Sociedad vs Barcelona:

Real Sociedad (4-3-3): Remiro; Gorosabel, Le Normand, Zubeldia, Monreal; Zubimendi, Merino, Guevara; Porto, Jose, Oyarzabal

Barcelona (4-3-3):Ter Stegen; Dest, Araujo, Lenglet, Alba; Busquets, De Jong, Pedri; Dembele, Messi, Griezmann

Kembalinya performa Lionel Messi menjadi kunci penting dalam mengangkat performa Barcelona. Messi tercatat mencetak empat gol dalam dua laga terakhir.

Pelatih Ronald Koeman, menyatakan bahwa permainan Messi meningkat setelah dia mengembalikan perannya sebagai false 9. Selain itu Messi juga dianggap telah menemukan kembali tandemnya dalam diri Pedri.

Sejak ditinggal Luis Suarez ke Atletico Madrid pada awal musim ini, Messi memang dianggap seperti bermain sendirian. Dia tak memiliki pemain yang bisa memahami karakternya.

Baca juga: Real Sociedad Vs Barcelona di Piala Super Spanyol, Lionel Messi Siap Main

Munculnya Pedri membuat banyak pihak kemudian menganggap Barcelona kini mulai kembali menunjukkan identitas permainan Tiki Taka mereka. Mereka pun diprediksi akan sulit dihentikan jika mampu terus menunjukkan performa seperti itu.

Karena itu Real Sociedad dipastikan akan menghadapi ujian berat untuk melaju ke partai final Piala Super Spanyol. Pada pertemuan pertama musim ini saja, saat Barcelona dianggap belum menunjukkan performa terbaiknya, Sociedad menelan kekalahan 1-2.

Kini Barcelona pun dinilai sedang dalam performa apik. Rasa percaya diri Lionel Messi cs tengah tinggi dan diyakini bisa meraih kemenangan lebih meyakinkan pada laga dini hari nanti.

Laga semifinal Piala Super Spanyol antara Real Sociedad vs Barcelona akan berlangsung pada Kamis dinihari 03.00 WIB. Pemenangan laga ini akan bertemu dengan pemenang laga semifinal lainnya antara Real Madrid vs Athletic Bilbao.

MARCA| SPORT MOLE| TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT