Prediksi Liverpool Vs Manchester United di Liga Inggris Malam Ini
TEMPO.CO | 17/01/2021 08:39
Penyerang Liverpool Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United. REUTERS/Phil Noble
Penyerang Liverpool Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United. REUTERS/Phil Noble

TEMPO.CO, Jakarta - Laga panas Liverpool vs Manchester United di ajang Liga Inggris akan tersaji pada Ahad malam ini. Kedua tim menempati posisi pertama dan kedua di klasemen sementara.

Liverpool kehilangan posisi puncak klasemen setelah mengalami rentetan hasil buruk. Dalam empat laga terakhir mereka hanya meraih satu kemenangan dan dua hasil seri. Pada laga terakhir awal bulan ini, skuad asuhan Jurgen Klopp pun menderita kekalahan dari Southampton dengan skor 0-1.

Menurunnya performa Liverpool itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh Manchester United. Skuad Setan Merah mampu mengejar ketertinggalan dengan meraih sembilan kemenangan dalam sebelas laga terakhir.

Alhasil saat ini anak asuh Ole Gunnar Solskjaer mampu menempati puncak klasemen Liga Inggris dengan keunggulan tiga angka dari Liverpool.

Hasil pertemuan kedua tim secara keseluruhan juga berpihak kepada Manchester United. Dari 56 kali bertemu di Liga Inggris, Manchester United tercatat pernah meraih 28 kemenangan sementara Liverpool hanya memiliki 15 kemenangan, 13 laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dalam tiga musim terakhir dominasi United tampak telah memudar. Mereka hanya mengantongi satu kemenangan dan menderita dua kekalahan, tiga laga lainnya berakhir imbang.

Apalagi Manchester United tak memiliki catatan bagus saat bertandang ke Stadion Anfield. Dari tiga lawatan terakhirnya, United menderita dua kekalahan dan hanya berhasil membawa satu angka saat bermain imbang 0-0 pada musim 2017-2018.

Dari sisi kedua pelatih, Jurgen Klopp jelas lebih memiliki pengalaman untuk menghadapi laga besar seperti ini ketimbang Ole Gunnar Solskjaer. Secara statistik, pria asal Jerman itu juga memiliki catatan cukup baik kala menghadapi Manchester United.

Dari 11 kali membawa Liverpool menghadapi United, Klopp berhasil meraih tiga kemenangan dan menelan dua kekalahan, enam laga lainnya berakhir imbang. Dari tiga kemenangan itu salah satunya dia dapatkan kala beradu strategi dengan Solskjaer.

Di kubu Manchester United, Solskjaer belum meraih satu pun kemenangan dari Liverpool. Tiga kali membawa Paul Pogba cs menghadapi The Kop, capaian terbaik Solskjaer hanya menahan imbang di Stadion Old Trafford. Pria asal Norwegia tersebut pun pernah merasakan timnya, Cardiff City, dibantai 3-6 oleh Liverpool pada 2014.

Berikut hasil pertemuan kedua tim dalam tiga musim terakhir:

2019-2020 - Liverpool vs United - 2-0
2019-2020 - United vs Liverpool - 1-1
2018-2019 - United vs Liverpool - 0-0
2018-2019 - Liverpool vs United - 3-1
2017-2018 - United vs Liverpool - 2-1
2017-2018 - Liverpool vs United - 0-0

Merosotnya performa Liverpool dalam beberapa laga terakhir disebut tak lepas dari masalah di lini belakang yang mereka alami sejak awal musim ini. Jurgen Klopp kehilanggan bek tengah Virgil van Dijk dan Joe Gomez yang mengalami cedera panjang.

Tak hanya itu, Joel Matip juga masuk ruang perawatan. Untuk laga melawan United, Matip sebenarnya sudah mulai berlatih sejak tengah pekan ini, tetapi Klopp disebut tak bisa memastikan apakah Matip akan bermain atau tidak.

Jika Matip tak akan bermain, maka gelandang bertahan Fabinho tampaknya akan kembali dipaksakan bermain sebagai palang pintu di jantung pertahanan Liverpool. Dia akan ditemani oleh salah satu dari pemain muda Nat Phillips dan Rhys Williams.

Di lini tengah dan depan, Naby Keita dan Diogo Jota disebut juga masih akan absen. Absennya Keita akan memberikan kesempatan kepada Thiago Alcantara bermain sejak awal.

Baca: Liverpool Vs Manchester United, Ini Prediksi Gary Neville dan Jamie Carragher

Di kubu Manchester United, Solskjaer juga mengalami sedikit masalah cedera. Tiga bek tengahnya - Brandon Williamms, Phil Jones dan Victor Lindelof - juga disebut masih akan absen karena cedera.

Meskipun demikian, masalah Solskjaer tak terlalu pelik karena dia masih memiliki Harry Maguire dan Eric Bailly yang bisa diturunkan. Selain itu ada juga Axel Tuanzebe yang menjadi pelapis.

Gelandang Nemanja Matic dan Anthony Martial juga diragukan bisa bermain. Matic disebut mengalami cedera paha sementara Martial mengalami cedera hamstring pada laga sebelumnya kontra Burnley.

Untuk menggantikan Matic dan Martial, Solskjaer juga tak perlu khawatir. Dia memiliki banyak stok pemain untuk melapis keduanya. Di lini tengah, dia memiliki pilihan berlimpah mulai dari Scott McTominay, Fred, Donny van de Beek hingga Paul Pogba.

Sementara di lini depan, Manchester United juga masih memiliki Edinson Cavani atau pun Marcus Rashford yang bisa menjadi ujung tombak.

Berikut prediksi susunan pemain laga Liverpool vs Manchester United:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Phillips, Fabinho, Robertson; Henderson, Thiago, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Bailly, Maguire, Shaw; McTominay, Pogba; Rashford, Fernandes, Greenwood; Cavani

Masalah Liverpool sebenarnya bukan hanya di lini belakang. Ketajaman lini depan The Kop saat ini juga disebut menurun.

Buktinya, dalam dua laga terakhir, Mohamed Salah cs tak mampu menyarangkan satu pun gol. Pada laga melawan Southampton, Liverpool bahkan hanya membuat satu tendangan ke arah gawang dari 17 kali percobaan. Padahal mereka memiliki penguasaan bola sebanyak 67 persen.

Ketergantungan mereka terhadap Mohamed Salah yang telah mencetak 13 gol di Liga Inggris musim ini menjadi hal yang patut dicermati. Apalagi Salah absen mencetak gol dalam tiga laga terakhir.

Sadio Mane yang musim lalu mampu cukup mengimbangi produktivitas Salah tampak belum menemukan performa terbaiknya. Sejauh ini Mane baru mencetak enam gol di Liga Inggris.

Begitu pun dengan Roberto Firmino yang baru mencetak lima gol. Naas bagi Liverpool, Diogo Jota yang tampil cukup menjanjikan pada awal musim ini harus absen sejak pertengahan Desember lalu.

Akan tetapi Manchester United juga bukannya tanpa masalah. Meskipun mereka disebut tengah dalam performa terbaiknya saat ini, Bruno Fernandes cs masih belum dapat menunjukkan tajinya kala menghadapi tim-tim kuat Liga Inggris musim ini.

Baca juga: Liverpool Vs Manchester United, Solskjaer Janjikan Kejutan

Mereka sempat menderita kekalahan 1-6 dari Tottenham Hotspur dan 0-1 dari Arsenal serta haya bermain imbang kontra Chelsea, Manchester City dan Leicester City.

Soal yang satu ini, Liverpool justru lebih meyakinkan. Salah cs meraih kemenangan atas Chelsea, Arsenal, Leicester City dan Tottenham Hotspur serta hanya meraih hasil imbang kontra Manchester City.

Hal itu membuktikan bahwa Liverpool masih memiliki mental juara untuk memenangkan laga-laga besar, sementara Manchester United belum memilikinya.

Apalagi Liverpool juga memiliki rekor kandang yang luar biasa di Liga Inggris. Mereka tercatat tak terkalahkan dalam 64 laga terakhir.

Musim ini, Dari delapan laga mereka juga hanya sekali gagal meraih kemenangan di kandang, yaitu saat ditahan imbang West Bromwich Albion 1-1.

Karena itu, laga malam nanti diprediksi akan berlangsung cukup ketat. Baik Liverpool maupun Manchester United memiliki peluang yang sama besar untuk memenangkan laga ini. Bahkan, bisa saja laga ini berakhir dengan skor imbang.

Laga Liga Inggris antara Liverpool vs Manchester United akan berlangsung pada Ahad malam 17 Januari 2021 pukul 23.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV dan Net TV.

SKY SPORTS| SPORT MOLE| TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT