Ini Penjelasan 2 Kontroversi Laga Manchester United Vs Sheffield United 1-2
TEMPO.CO | 28/01/2021 14:56
Pemain Sheffield United Kean Bryan, mencetak gol ke gawang Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 28 Januari 2021. Pool via REUTERS/Dave Thompson
Pemain Sheffield United Kean Bryan, mencetak gol ke gawang Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 28 Januari 2021. Pool via REUTERS/Dave Thompson

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Manchester United vs Sheffield United pada Kamis dinihari tadi meninggalkan kontroversi setelah Ole Gunnar Solskjaer menyatakan mereka dirugikan oleh dua keputusan wasit. Mantan pengadil lapangan hijau Liga Inggris, Peter Walton, justru menilai sebaliknya.

Walton menilai dua keputusan yang diambil oleh wasit Peter Bankes benar. Pada pelanggaran pertama yang berujung gol bagi Sheffield, Walton menilai wasit mengambil keputusan yang tepat karena pergerakan yang dilakukan Billy Sharp dianggap tak cukup untuk dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap penjaga gawang Manchester United, David de Gea.

"Pada kejadian pertama dengan Billy Sharp, bola berakhir di gawang, petugas VAR melihatnya untuk memperjelas apakah itu pelanggaran atau bukan. Dia (petugas VAR) tidak merasa itu adalah kesalahan yang jelas dan jujur saya juga tidak (menilai itu pelanggaran), "kata Walton kepada BT Sport di babak pertama.

"Saya kira dampak (pergerakan Billy Sharp) terhadap De Gea tidak cukup untuk membuat itu menjadi pelanggaran, tetapi itu hanya pendapat saya."

Walton juga menilai keputusan wasit yang membatalkan gol penyeimbang kedudukan Anthony Martial benar. Menurut dia, bek Manchester United Harry Maguire secara jelas terlihat melakukan pelanggaran terhadap penjaga gawang Sheffield United Aaron Ramsdale.

Baca: Manchester United Dinilai Layak Kalah Dari Sheffield United

Dia juga memahami keputusan petugas VAR yang tak melihat ulang kejadian itu. Pasalnya, menurut Walton, Bankes sudah meniup peluit sebelum Martial melesakkan bola ke gawang.

"Pada kejadian kedua, ketika Maguire melawan Ramsdale, Maguire dengan jelas menghalangi Ramsdale dengan tangan di atasnya."

"Wasit telah meniup peluitnya sebelum bola masuk ke gawang, jadi VAR tidak dapat melihatnya karena VAR kemudian akan memutuskan pelanggaran dan bukan gol," kata Walton.

Sebelumnya Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer menilai timnya meraih kekalahan karena dua keputusan yang merugikan tersebut. Dia menganggap ada inkonsistensi penerapan aturan karena kedua peristiwa tersebut sebenarnya hampir mirip.

Hasil laga Manchester United vs Sheffield United itu membuat skuad Setan Merah gagal kembali ke puncak klasemen Liga Inggris. Mereka tertahan di posisi kedua dengan perolehan 40 angka dari 20 laga, tertinggal satu angka dari Manchester City yang baru bermain 19 kali.

MANCHESTER EVENING NEWS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT