Menjelang Granada vs Barcelona, Koeman Singgung Kontrak Lionel Messi Bocor
TEMPO.CO | 03/02/2021 11:38
Ronald Koeman. REUTERS
Ronald Koeman. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, tak bisa menyembunyikan kekesalannya soal kontrak Lionel Messi bocor saat konferensi pers menjelang pertandingan Granada vs Barcelona pada perempat final Copa del Rey yang akan berlangsung di Stadion Los Carmenes pada Kamis dinihari WIB.

"Ini sesuatu yang tidak masuk akal, Anda telah mengalami masalah ini selama tiga atau empat hari," kata Ronald Koeman kepada awak media yang berkumpul seperti dimuat di Mundo Deportivo.

"Tim dan Leo telah merespons dengan cara yang saya suka, yaitu mencoba mengesampingkan hal-hal yang muncul di media dan fokus pada pertandingan dan permainan," tuturnya.

Messi dikabarkan sedang bersiap untuk mengambil tindakan hukum terhadap surat kabar El Mundo, menurut RAC1. Media tersebut memberitakan rincian kontrak menguntungkan antara pemain Argentina itu dengan klub Catalan pada hari Minggu lalu.

Baca juga: Kontraknya di Barcelona Bocor, Lionel Messi Akan Ajukan Gugatan

Kontrak Messi bocor pada hari Minggu itu telah mendominasi pemberitaan terkait Barcelona dan seputar situasi keuangan klub yang genting, dengan banyak kesalahan ditujukan kepada dewan sebelumnya yang dipimpin Josep Maria Bartomeu.

Kontrak, termasuk variabel, total senilai 555.237.619 euro (sekitar Rp 9,4 triliun). Menurut laporan tersebut, 92 persen variabel yang diatur dalam kontrak sudah terpenuhi, artinya total gaji yang didapat Messi adalah 511.540.545 euro (Rp 8,6 triliun).

Pihak Lionel Messi dilaporkan tidak senang dengan kejadian ini. Pengacara pemain Argentina itu dikabarkan akan mengajukan gugatan kepada sejumlah individu yang mengetahui detail kontrak tersebut.

Media Spanyol Marca menyebutkan bahwa kontrak yang ditandatangani Messi dengan Barcelona pada 2017 itu memiliki klausa kerahasiaan. Menurut mereka, setidaknya hanya tiga orang dari pihak Barcelona yang mengetahui detail kontrak itu.

Ketiga orang itu adalah mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu, CEO Barcelona Oscar Grau serta Pelaksana tugas Presiden Barcelona saat ini, Carles Tusquets.

Pihak Barcelona dalam pernyataan resminya membantah telah membocorkan kontrak tersebut. Mereka bahkan berencana menuntut El Mundo karena mempublikasikan dokumen rahasia itu.

"Mengingat informasi yang dipublikasikan hari ini di surat kabar El Mundo, terkait dengan kontrak profesional yang ditandatangani antara Barcelona dan pemain Lionel Messi, pihak klub menyesalkan publikasi tersebut mengingat itu adalah dokumen pribadi yang diatur oleh prinsip kerahasiaan antara para pihak," bunyi pernyataan itu.

"Barcelona dengan tegas menyangkal tanggung jawab apa pun atas publikasi dokumen ini dan akan mengambil tindakan hukum yang sesuai terhadap surat kabar El Mundo atas segala kerusakan yang mungkin ditimbulkan akibat publikasi ini."

"Barcelona menyatakan dukungan kepada Lionel Messi, terutama dalam menghadapi segala upaya untuk mendiskreditkan citranya dan merusak hubungannya dengan entitas tempat dia bekerja untuk menjadi pemain terbaik di dunia dan dalam sejarah sepak bola."

FOOTBALL ESPANA | AS| ESPN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT