Usai Manchester City Menang di Liverpool, Guardiola Puji Kontribusi Phil Foden
TEMPO.CO | 08/02/2021 11:41
Gelandang Manchester City Phil Foden melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertandingan Liga Inggris di Anfield, Liverpool, 7 Februari 2021. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths
Gelandang Manchester City Phil Foden melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertandingan Liga Inggris di Anfield, Liverpool, 7 Februari 2021. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

TEMPO.CO, Jakarta - Bos Manchester City, Pep Guardiola, memuji kontribusi Phil Foden saat timnya menang 4-1 di markas Liverpool, Anfield di Liga Inggris pada Minggu, 7 Februari 2021.

Pemain 20 tahun itu memainkan peran sangat menonjol dalam laga itu. Foden yang dimainkan di tengah-tengan dalam formasi tiga penyerang, berperan dalam terciptanya dua gol Ilkay Gundongan, serta mencetak satu gol di laga itu.

Dalam pertandingan itu, Gundongan mencetak dua gol (49' dan 73'), Raheem Sterling (76'), dan Foden (83'). Sementara tuan rumah mencetak gol lewat tendangan penalti Mohamed Salah pada menit ke-63.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris Pekan Ke-23: Liverpool vs Man City 1-4, Chelsea Menang

Usai pertandingan, Guardiola memuji kontribusi Phil Foden luar biasa.

"Babak pertama kami sangat kesulitan karena kami tidak dapat menemukannya karena dia tidak berada di posisi yang seharusnya," kata pelatih Spanyol itu.

"Ketika dia bermain di tengah, terkadang dia kesulitan untuk memahami posisi yang dia butuhkan dan tempat dia harus bergerak."

"Saat ini, dia bergerak sempurna sebagai pemain sayap, tetapi kontribusinya untuk gol kedua dan keempat luar biasa, fenomenal dan berkualitas."

"Kami tidak bisa melupakan bahwa dia baru akan berusia 21 tahun dan saya cukup yakin dia akan meningkat dan saya tahu dia adalah pemain yang sangat tenang. Dia ingin belajar. Dia suka bermain sepak bola tetapi dia masih harus memahami permainan sedikit lebih baik, tetapi dia punya waktu untuk meningkat."

"Mentalitasnya sangat bagus. Dia selalu fokus dan selalu ada perasaan dia bisa melakukan sesuatu ketika dia dekat dengan kotak penalti, kami beruntung."

"Penggemar Man City memiliki seorang pemain yang datang dari akademi kami dan mencintai Man City, tumbuh mendukung klub ini dan menjadi seorang ballboy bagi kami, sejarang dia adalah pemain top dan top bagi kami. Dia menyenangkan," kata Pep Guardiola.

Kemenangan Manchester City 401 di markas Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris pada hari Minggu, 7 Februari 2021, menjadi kesuksesan pertama mereka dalam 18 tahun. Hasil laga itu menjadi kemenangan ke-10 berturut-turut yang mereka raih di Liga Premier, rekor luar biasa sejak 19 Desember lalu ketika mereka memastikan kemenangan 1-0 di Southampton.

Baca juga: Rumor Transfer Liverpool: Mohamed Salah Bakal Dilepas Demi Rekrut Kylian Mbappe

Setelah mengalahkan Liverpool, Manchester City bersiap untuk menghadapi pertandingan putaran kelima Piala FA di markas Swansea pada Rabu malam waktu setempat atau Rabu dinihari WIB, 11 Februari 2021.

MANCITY.COM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT