Pep Guardiola Sebut Kiper Ederson Bisa Jadi Pengambil Penalti Manchester City
TEMPO.CO | 10/02/2021 06:59
Penjaga gawang Manchester City Ederson menahan bola saat bertanding melawan Watford dalam Liga Primer Inggris di stadion Vicarage Road, Watford, Inggris, 4 Desember 2018. REUTERS/David Klein
Penjaga gawang Manchester City Ederson menahan bola saat bertanding melawan Watford dalam Liga Primer Inggris di stadion Vicarage Road, Watford, Inggris, 4 Desember 2018. REUTERS/David Klein

TEMPO.CO, JakartaManchester City mempunyai persoalan terkait dengan tendangan penalti. Mereka telah gagal dalam sembilan penalti sejak awal musim lalu.

Untuk mengakhiri masalah tersebut, pelatih Pep Guardiola mengatakan kiper Ederson Moraes merupakan opsi sebagai pengambil penalti timnya dalam upaya mengakhiri rekor mengecewakan dari titik penalti.

Kasus kegagalan tendangan penalti teranyar terjadi dalam kemenangan Manchester City di markas Liverpool 4-1 pada akhir pekan lalu. Saat itu, Ilkay Gundogan gagal mencetak gol saat menjadi eksekutor tendangan penalti pada menit ke-37. Namun dia menebusnya dengan mencetak dua gol dalam pertandingan itu.

Gundogan menjadi pemain ketiga yang gagal melakukan tendangan dari jarak 12 yard untuk musim ini. Pada musim lalu, City juga mencatat enam kali gagal mencetak gol dari 16 penalti.

Musim lalu, Guardiola bercanda bahwa Ederson Moraes yang tidak pernah melakukan tendangan penalti dalam karier profesionalnya dapat diberi tanggung jawab sebagai penendang penalti. Namun, apa yang dikatakan pelatih Spanyol itu bisa saja menjadi kenyataan.

Usai kemenangan di Anfiel pekan lalu, Pep Guardiola mengatakan sang kiper mempunyai prospek menjadi penendang penalti.

"Dia (Ederson) juga bisa menghalau penalti, kita lihat apa yang akan terjadi," kata Guardiola. "Itu tergantung pada para pemain. Sergio (Aguero) tidak fit, Kevin (De Bruyne) adalah pengambil penalti yang sangat bagus, tapi sayangnya belum fit," kata mantan pelatih Barcelona ini.

"Kami akan lihat besok (tandang ke Swansea), itu tergantung susunan pemain. Tapi dia adalah pilihan karena saya cukup yakin dua adalah pengambil penalti yang baik. Penendang penalti haruslah pemain yang mempunyai kepribadian dan kepercayaan yang besar pada dirinya sendiri."

Baca juga: Liga Champions: Seperti Liverpool, Laga Gladbach vs Man City Juga Dipindah

Manchester City akan bertanding di markas Swansea, Liberty Stadium pada pertandingan putaran kelima Piala FA hari Rabu malam waktu setempat atau Kamis dinihari WIB. Ederson diragukan tampil besok karena selama pertandingan piala domestik City musim ini, Pep Guardiola memainkan kiper kedua, Zach Steffen.

SKY SPORTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT