Prediksi Manchester City Vs Tottenham Hotspur, Pembalasan Dendam The Citizens
TEMPO.CO | 13/02/2021 10:58
Tendangan penyerang Manchester City Sergio Aguero, berhasil ditepis kiper Tottenham Hotspus Hugo Lloris dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, 2 Februari 2020. REUTERS/David Klein
Tendangan penyerang Manchester City Sergio Aguero, berhasil ditepis kiper Tottenham Hotspus Hugo Lloris dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, 2 Februari 2020. REUTERS/David Klein

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Liga Inggris antara Manchester City vs Tottenham Hotspur akan berlangsung pada Ahad dini hari nanti. Laga ini bisa menjadi ajang pembalasan dendam sempurna bagi skuad asuhan Pep Guardiola.

Rekor pertemuan kedua tim menunjukkan bahwa Tottenham lebih unggul. Dari 47 kali bertemu di ajang Liga Inggris, skuad Lili Putih berhasil mengantongi 25 kemenangan sementara City hanya memiliki 15 kemenangan, tujuh laga lainnya berakhir imbang.

Manchester City baru dapat mengimbangi Tottenham dalam satu dekade terakhir. Total 12 kemenangan diperoleh The Citizens atas Totenham sejak musim 2010-2011. Dari 12 kemenangan itu, lima diantaranya didapatkan City sejak ditangani Pep Guardiola.

Akan tetapi, kehadiran Jose Mourinho sebagai Manajer Tottenham Hotspur sejak Januari 2020 membuat dominasi Manchester City kembali tergoyahkan. Dalam dua pertemuan terakhir, Manchester City harus menelan kekalahan dari Tottenham.

Tottenham Hotspur juga tercatat sebagai satu dari dua tim yang mampu mengalahkan Manchester City musim ini. Satu tim lainnya adalah Leicester City.

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan Ke-24: Ada Man City vs Spurs, Leicester vs Liverpool

Pada pertemuan pertama musim ini pada 21 November lalu, Raheem Sterling vs harus menyerah 0-2 berkat gol Son Heung-min dan Givani Lo Celso.

Karena itu, laga malam ini bisa menjadi ajang pembalasan dendam yang sempurna bagi Manchester City. Mereka saat ini tengah dalam performa terbaiknya dengan meraih 10 kemenangan beruntun di Liga Inggris, 15 laga jika dihitung dengan Piala FA dan Carabao Cup

Di sisi lain Tottenham justru tengah limbung. Harry Kane cs sempat mengalami tiga kekalahan beruntun dari Liverpool, Brighton and Hove Albion serta Chelsea sebelum akhirnya menang atas West Bromwich Albion pada pekan lalu.

Pada Rabu kemarin, Tottenham kembali menelan kekalahan. Mereka dibungkam Everton di Piala FA.

Mourinho juga harus dipusingkan dengan cedera sejumlah pemainnya saat ini. Bek sayap Serge Aurier dan Sergio Reguillon serta Lo Celso masih akan absen pada laga malam ini.

Guardiola di sisi lain tak memiliki masalah berarti. Absennya Kevin de Bruyne yang mengalami cedera terbukti tak mempengaruhi performa mereka. Liverpool saja berhasil mereka tumbangkan 4-1 pada pekan lalu.

Berikut prediksi susunan pemain laga Manchester City vs Tottenham Hotspur malam ini:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Stones, Dias, Cancelo; Rodri Gundogan, Silva; Sterling, Foden, Mahrez

Tottenham Hotspur (4-2-3-1); Lloris; Davies, Alderweireld, Sanchez, Doherty; Ndombele, Dier; Son, Moura, Lamela; Kane

Transformasi menarik yang dilakukan Pep Guardiola di Manchester City musim ini adalah bagaimana mereka tampaknya tak lagi terlalu berambisi mencetak banyak gol seperti musim-musim sebelumnya.

Catatan 43 gol yang telah Sterling cs ciptakan hingga saat ini, membuat mereka hanya menjadi tim tersubur ketiga di Liga Inggris. Kalah dari Manchester United dan Liverpool yang sudah mencetak 49 dan 44 gol.

Hebatnya lagi, Manchester City tampak tak tergantung kepada satu dua pemain saja dalam mencetak gol musim ini. Tercatat 13 pemain mereka telah menyumbangkan gol musim ini.

Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling memang menjadi mesin gol utama Manchester City musim ini dengan telah menyumbangkan sembilan dan delapan gol, tetapi di belakang mereka masih ada nama Phil Foden, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus hingga John Stones yang bisa memecah kebuntuan.

Musim ini Guardiola tampaknya lebih fokus ke kekuatan lini belakang. Buktinya, Manchester City hingga pekan ke-24 ini baru kebobolan 14 gol saja, paling sedikit diantara tim-tim lainnya.

Baca: Swansea Vs Manchester City 1-3, Kyle Walker Akui Tak Sengaja Cetak Gol

Mourinho di sisi lain justru tampak gagal menampilkan karakter permainannya di Tottenham Hotspur. Jika biasanya pria asal Portugal itu selalu mengutamakan lini pertahanan, musim ini gawang Tottenham justru sudah kebobolan 22 gol.

Angka itu memang tak terlalu buruk, akan tetapi menjadi masalah ketika lini depan mereka tak cukup tajam.

Harry Kane dan Son Heung-min memang menjadi duet paling menakutkan di Liga Inggris saat ini. Dengan sama-sama telah mencetak 13 gol, Kane dan Son menyumbangkan sekitar 70 persen gol Tottenham saat ini.

Ketergantungan terhadap Kane dan Son itu lah yang menjadi masalah bagi Tottenham. Ketika keduanya berhasil dimatikan lawan, kekuatan mereka praktis tersisa 30 persen saja.

Karena itu, tak berlebihan jika kiranya Manchester City lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan pada laga malam ini. Meskipun demikian, bukan berarti Tottenham Hotspur akan bisa dikalahkan dengan mudah.

Satu dua gol kemungkinan akan menjadi penentu akhir laga Liga Inggris Manchester City vs Tottenham Hotspur. Laga ini akan berlangsung pada Ahad dinihari pukul 00.30 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Mola TV.

TRANSFERMARKT| MANCHESTER EVENING NEWS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT