Manchester City Vs Tottenham Hotspur, Son-Kane Uji Kekuatan Stones-Dias
TEMPO.CO | 13/02/2021 15:51
Manchester City Vs Tottenham Hotspur, Son-Kane Uji Kekuatan Stones-Dias
Manchester City Vs Tottenham Hotspur, Son-Kane Uji Kekuatan Stones-Dias

TEMPO.CO, Jakarta - Laga Manchester City vs Tottenham Hotspur pada Ahad dinihari nanti akan menjadi ujian penting bagi kekuatan lini belakang skuad asuhan Pep Guardiola. John Stones dan Ruben Dias akan menghadapi duet penyerang paling subur di Liga Inggris saat ini, Harry Kane dan Son Heung-min.

Tak bisa dipungkiri bahwa kebangkitan Manchester City musim ini tak lepas dari peran duet John Stones dan Ruben Dias. Pep Guardiola pertama kali memasangkan keduanya bersama pada laga kontra Burnley Desember lalu, atau sepekan setelah mereka dibungkam Tottenham Hotspur 0-2 pada pertemuan pertama musim ini.

Itulah titik balik perjalanan Manchester City yang sempat menempati posisi kesembilan klasemen musim ini. Jika dalam delapan laga awal musim ini gawang Ederson sudah kebobolan sebelas gol, setelah duet Stones dan Dias bermain mereka tercatat hanya kebobolan tiga gol dari 13 laga. Hanya Liverpool, Chelsea dan West Bromwich Albion yang mampu menjebol gawang The Citizens.

Baca: Manchester City Vs Tottenham, Guardiola Kenang 2 Kekalahan Terdahulu

Kekuatan duet Stones-Dias itu pula yang membuat Manchester City meraih 10 kemenangan beruntun di Liga Inggris, 15 kemenangan jika ditambah dengan Piala FA dan Carabao Cup.

Catatan tersebut semakin impresif jika kita hanya melihat pertandingan kandang Manchester City saja. Di Emirates Stadium, gawang Manchester City hanya kebobolan satu gol dari delapan laga.

Akan tetapi pada laga malam nanti, tembok pertahanan Manchester City akan menghadapi duet penyerang tersubur di Liga Inggris, Harry Kane dan Son Heung-min. Keduanya tercatat sama-sama telah mencetak 13 gol musim ini.

Tak ada duet lini depan tim mana pun yang menyaingi ketajaman Kane dan Son yang total telah mengemas 26 gol. Liverpool sebagai contoh. Meskipun Mohamed Salah menempati posisi puncak top skor musim ini dengan 16 gol tetapi partnernya seperti Sadio Mane dan Roberto Firmino justru tengah melempem.

Contoh lain Manchester United yang memiliki Bruno Fernandes dengan 13 gol. Fernandes tak memiliki partner yang sama suburnya karena baik Marcus Rashford, Edinson Cavani maupun Anthony Martial perolehan golnya masih dibawah dua digit.

Son Heung-min dan Harry Kane sendiri memiliki rekor yang cukup bagus kala menghadapi Manchester City. 

Son tercatat pernah enam kali menjebol gawang City dari sembilan laga. Dia bahkan selalu mencetak gol dalam dua pertemuan terakhir dengan City. Kane meskipun baru dua kali menjebol gawang Manchester City tercatat sudah menyumbangkan tiga assist dari 10 laga.

Kane dan Son bisa dianggap sebagai duet penyerang ideal bagi Manajer Jose Mourinho yang senang menginstruksikan timnya memainkan bola-bola panjang langsung ke depan. Kane memiliki kekuatan untuk memenangkan duel dengan bek lawan sementara Son memiliki kecepatan untuk menyusup ke depan dari lini kedua.

Baca: Prediksi Manchester City Vs Tottenham Hotspur, Pembalasan Dendam The Citizens

Tipikal penyerang seperti ini hampir bisa ditemui di semua tim yang diasuh oleh Mourinho. Di Chelsea, dia memiliki Eden Hazard dan Didier Drogba. Di Inter Milan, dia memiliki Diego Milito dan Samuel Eto'o. Praktis Mourinho hanya gagal di Real Madrid dan Manchester United karena tak memiliki tipikal penyerang kesukaannya seperti itu.

Permainan umpan panjang ke arah Kane maupun Son seperti itulah yang akan menjadi ujian bagi Manchester City pada laga malam nanti. Ditambah dengan Erik Lamela dan Lucas Moura yang bisa tampil dari lini kedua, Pep Guardiola tampaknya harus benar-benar memastikan lini belakangnya tak lengah.

Guardiola sendiri menyadari bahwa Tottenham saat ini merupakan tim yang sangat efektif. Mereka bisa mencetak gol hanya dengan memiliki satu atau dua peluang saja. Karena itu, lini belakangnya tak boleh kehilangan konsentrasi.

Jika sekali saja memberikan kesempatan, bisa jadi gawang Ederson akan menghadapi ancaman besar yang bisa merusak rekor kemenangan mereka.

Laga Liga Inggris antara Manchester City vs Tottenham akan berlangsung pada Ahad dinihari pukul 00.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV.

TRANSFERMARKT


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT