Liga Champions: Prediksi RB Leipzig vs Liverpool di Leg 1 Babak 16 Besar
TEMPO.CO | 15/02/2021 15:36
Penyerang Liverpool Mohamed Salah, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang West Ham United dalam pertandingan Liga Inggris di stadion London di London, 31 Januari 2021. Pool via REUTERS/John Walton
Penyerang Liverpool Mohamed Salah, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang West Ham United dalam pertandingan Liga Inggris di stadion London di London, 31 Januari 2021. Pool via REUTERS/John Walton

TEMPO.CO, JakartaLiverpool bersiap untuk pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan RB Leipzig pada Selasa malam waktu setempat atau Rabu dinihari WIB, 17 Februari 2021.

Duel RB Leipzig vs Liverpool merupakan salah satu dari tiga laga yang berpindah lokasi ke Puskas Arena di Budapest, Hungaria, karena ada pembatasan terhadap pengunjung dari Inggris ke berbagai negara, termasuk Jerman.

Baca Juga: Liga Champions: Seperti Liverpool, Laga Gladbach vs Man City Juga Dipindah

Setelah hasil buruk di Liga Inggris, kalah 3-1 di Leicester City, pasukan Jurgen Klopp melihat laga ini sebagai momen penyegaran. Itu yang dirasakan bek kanan The Reds, Trent Alexander-Arnold.

"Dalam situasi seperti ini, Anda menginginkan kesempatan untuk memperbaikinya secepat mungkin. Ini adalah kompetisi yang berbeda, yang selalu menyegarkan, mentalitas yang berbeda akan diterapkan," kata Alexander-Arnold.

"Selalu menyenangkan bermain di kompetisi itu sehingga sangat menyenangkan memiliki prospek pertandingan sistem gugur lagi. Anda menunggu begitu lama untuk babak sistem gugur Liga Champions, ini menyenangkan," dia menambahkan.

Ekspresi para pemain Liverpool's Jordan Henderson, Trent Alexander-Arnold dan Thiago Alcantara, setelah pemain Brigthon and Hove Albion mencetak gol dalam pertandingan Liga Inggris di Anfield, Liverpool, 4 Februari 2021. Liverpool dikalahkan Brighton 0-1.Pool via REUTERS/Phil Noble

Jurgen Klopp telah menyerah untuk mempertahankan gelar juara Liga Premier setelah timnya kalah di Leicester pada Sabtu lalu.

Liverpool kebobolan tiga gol dalam 12 menit terakhir, termasuk blunder kiper Alisson yang memberi kesempatan Jamie Vardy mencetak gol yang membuat tuan rumah unggul. Kini The Reds di urutan keempat dengan selisih 13 poin di belakang pemuncak klasemen Manchester City.

Baca Juga: Soal Peluang Juara Liverpool, Klopp: Saya Pikir Kami Tak Bisa Mengejar Jarak

Keinginan Alexander-Arnold mungkin tidak akan mudah untuk diwujudkan. Leipzig saat ini sedang dalam performa bagus, mereka memenangi empat laga terakhirnya. Sedangkan, Liverpool baru mengalami tiga kekalahan beruntun di Liga Inggris.

Namun, catatan pertandingan masing-masing di liga domestik bisa dikesampingkan jika melihat kedua tim ini belum pernah bertemu. Pertemuan ini akan menjadi pengalaman baru bagi kedua tim. Perpindahan lokasi ke tempat netral, bisa memberi keuntungan tersendiri bagi Liverpool.

Menjelang perjalanan menuju Budapest, masalah cedera pemain masih menjadi persoalan yang belum selesai. Terbaru, gelandang James Milner cedera hamstring saat pertandingan di Leicester baru berjalan 17 menit. Dia diperkirakan tidak bisa bermain melawan Leipzig.

Stok pemain yang bisa dipilih pun menjadi terbatas dengan cederanya Ben Davies, pemain yang baru didatangkan bulan lalu. Selain itu, Divock Origi dan Caoimhin Kelleher juga absen.

Naby Keita masih diragukan tampil melawan mantan klubnya. Sementara, Fabinho masih akan dilihat lagi kondisinya setelah absen dalam pertandingan sebelumnya karena masalah otot. Selain itu, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Joel Matip, dan Diogo Jota, semuanya tetap absen.

Untuk penjaga gawang, Klopp kemungkinan masih akan memberi kesempatan kepada Alisson Becker meski sebelumnya dia melakukan blunder lagi di markas Leicester. Gelandang Thiago Alcantara juga diprediksi bakal main sebagai starter.

Pemain RB Leipzig, Justin Kluivert melakukan selebrasi usai menjebol gawang Manchester United dalam penyisihan Grup H Liga Champions di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, 8 Desember 2020. REUTERS/Odd Andersen

Saat menghadapi Liverpool, Leipzig kemungkinan besar akan diperkuat Ibrahima Konate yang telah kembali bergabung dengan skuad pada Jumat lalu. Dia berkemungkinan jadi pasangan duet Dayot Upamecano, pemain yang sebelumnya dikaitkan dengan Liverpool tetapi sekarang telah menyetujui pindah ke Bayern Munich pada musim panas ini.

Justin Kluivert yang sebelumnya menjadi pemain cadangan pada Jumat lalu, kemungkinan akan memainkan peran saat melawan The Reds. Namun, pertandingan ini sepertinya masih terlalu cepat untuk Emil Forsberg, Konrad Laimer, Benjamin Henrichs dan Dominik Szoboszlai.

Pertemuan Leipzig menghadapi Liverpool ini akan memberi kesempatan bagi Peter Gulacsi melawan mantan klubnya, setelah lima tahun di Anfiled tanpa membuat penampilan senior The Reds.

Baca Juga: Prediksi dan Jadwal Live Barcelona vs PSG di Babak 16 Besar Liga Champions

Perkiraan susunan pemain RB Leipzig vs Liverpool:

RB Leipzig: Peter Gulacsi (GK); Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann; Tyler Adams, Marcel Sabiter, Kevin Kampl, Dani Olmo, Angelino; Yussuf Poulsen, Christopher Nkunku

Liverpool: Alisson Becker (GK); Trent Alexander-Arnold, Ozan Kabak, Jordan Henderson, Andy Robertson; Thiago Alcantara, Georginio Wijnaldum, Curtis Jones; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Setelah pertandingan leg pertama ini, berikutnya Liverpool akan menjamu PR Leipzig di Anfield pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada 11 Maret mendatang.

SKY SPORTS | SPORTS MOLE | WHO SCORED


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT