Aneh, Suporter Inggris Justru Ingin Mereka Kalah dari Belgia
TEMPO.CO | 28/06/2018 15:28
Suporter timnas Inggris membawa bendera Inggris saat berpesta di jalanan kota Nizhny Novgorod menjelang laga Piala Dunia 2018 antara Inggris melawan Panama, di Rusia, Sabtu, 23 Juni 2018. REUTERS/Gleb Garanich
Suporter timnas Inggris membawa bendera Inggris saat berpesta di jalanan kota Nizhny Novgorod menjelang laga Piala Dunia 2018 antara Inggris melawan Panama, di Rusia, Sabtu, 23 Juni 2018. REUTERS/Gleb Garanich

TEMPO.CO, Jakarta - Baik Inggris maupun Belgia telah mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Laga kedua tim malam nanti akan menentukan siapa di antara mereka yang akan memenangkan grup dan mengunci peringkat teratas grup G.

Namun, beberapa suporter Inggris  justru tak ingin Harry Kane cs menang atas Belgia. Mereka justru berharap skuad Tiga Singa tumbang dan hanya mendapatkan posisi runner-up grup.

Pasalnya, jika menjadi juara grup, Inggris akan berada di pool A pada babak gugur. Di sini, langkah mereka menuju babak final akan sangat berat. Jika mampu melewati wakil dari grup H - Jepang, Senegal atau Kolombia - mereka harus menghadapi Brasil atau Meksiko pada babak 8 besar. 

Jika lolos dari hadangan kedua tim itu, Inggris kembali harus menghadapi lawan berat. 
Uruguay, Portugal, Prancis dan Argentina berpeluang menjadi lawan Inggris di babak semifinal. 

Sementara posisi sebagai runner-up grup G akan lebih menguntungkan karena mendapatkan pool B.  Di sini, hanya Spanyol dan Kroasia yang bisa dianggap sebagai lawan berat bagi skuad asuhan Gareth Southgate. 

Masalahnya, Inggris saat ini sudah berada di puncak klasemen. Meskipun sama-sama mengantongi nilai 6 dan selisih 6 gol, Inggris lebih unggul karena aturan fair play. Mereka menerima kartu kuning lebih sedikit ketimbang Belgia. 

Artinya, jika memang mengincar posisi runner-up, mereka harus rela kalah. Namun, apakah Belgia juga mau masuk pool A yang lebih berat? Pelatih Roberto Martinez tampaknya juga tak menginginkan hal itu. Karena itu, dia dikabarkan siap membangkucadangkan sejumlah pemain utamanya pada laga malam nanti. 

SKYNEWS | BBC | EDO JUVANO

 

REKOMENDASI BERITA