Oyong Liza Kapten Persija Asal Minang Masuk Legenda Favorit Sobat Garuda
LANGGAM.ID | 16/10/2020 16:50
Oyong Liza Kapten Persija Asal Minang Masuk Legenda Favorit Sobat Garuda
Kapten Persija Oyong Liza (kiri) dan kapten PSMS Yuswardi (kanan) meangangkat trofi Piala Kejuaraan Nasional PSSI pada 1975. Persija dan PSMS jadi juara bersama setelah ada insiden dalam partai final (Foto: Dok Tiffosi Crew)

Langgam.id – Oyong Liza menjadi sosok legenda sepak bola Indonesia yang mencuat sebagai pilihan Sobat Garuda dalam voting yang dilakukan oleh PSSI melalui akun resmi sosial media, Instagram.

Ia meraup suara 11,4% suara, atau peringkat kelima. Sementara pemenangnya adalah Djunaidy Abdillah dengan mengumpulkan 40,4 % suara Sobat Garuda. Lalu Yudo Hadianto yang mengumpulkan 18,2 % suara, Tumsila 16,6 % suara, Max Timisela 13,4 % suara.

Oyong adalah legenda Tim Nasional Indonesia tahun 1970-an. Pria kelahiran Padang, Sumatra Barat, 10 November 1946 ini juga dikenal sebagai legenda PSP Padang dan Persija.

Bermain di posisi belakang, Oyong pernah menyandang kapten Tim Nasional. Ia seangkatan dengan Anjas Asmara, Sutan Harhara, Andi Lala, Ronny Pasla, Suaib Rizal, Nobon Kayamudin, Junaedi Abdillah, Iswadi Idris, Waskito.

Generasi ini hampir saja meloloskan Indonesia ke Olimpiade, andai saja tak kalah adu penalti dari Korea Utara dalam penyisihan Pra Olimpiade.

Oyong juga berkibar sebagai libero ketika Timnas Indonesia menahan imbang klub Manchester United pada tahun 1975.

Dalam sejarah The Jak, Oyong adalah legenda hidup karena membawa Persija juara Perserikatan tahun 1973, 1975, dan 1979, sebagai kapten.

Bersama Persija, Oyong juga pernah menaklukan Tim Nasional Jepang dalam kejuaraan Marahalim Cup di Medan, tahun 1977, dengan skor 1-0.

Dari kisah perjalanan hidupnya itu, sebagaimana dilansir dari PSSI.Org, selanjutnya, pemain favorit pilihan Sobat Garuda itu akan menjadi ikon bagi rangkaian kegiatan Sahabat Garuda kedepannya. Para pemenang dari polling akan mendapatkan merchandise spesial dari Garuda Store. (Osh)

LANGGAM.ID


BERITA TERKAIT