Teja Paku Alam Jadi Kiper Terbaik APPI Indonesia 11 Musim 2022
LANGGAM.ID | 06/04/2022 11:59
Teja Paku Alam Jadi Kiper Terbaik APPI Indonesia 11 Musim 2022

Langgam.id – Pemain Persib Bandung Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) Indonesia 11 tahun 2022. Pemain asal Sumatra Barat (Sumbar) itu berhasil unggul dari dua kiper lain yang menjadi nominasi.

Penetapan Teja sebagai kiper terbaik diumumkan via akun Youtube resmi APPI TV pada Selasa (5/3/2022). Host Jerry Arvino menjelaskan, ada tiga nama yang menjadi nominasi kiper terbaik pada APPI Indonesia 11 Fotballers of The Year 2021/2022.

 

Tiga kiper yang mejadi nominasi the best goal keeper yaitu Teja Paku Alam dari Persib, Awan Setho dari Bhayangkara FC, dan Adilson Maringga dari Arema FC. Dari tiga nama itu, Teja Paku Alam terpilih sebagai yang terbaik.

The best goal keeper, nominasi awalnya berdasarkan statistik penyelamatan yang telah  berhasil dilakukan, clean sheet dari seluruh pertandingan, dan penampilan dari penjaga gawang dari setiap pertandingan, dan pilihan dari para pesepakbola bola adalah Teja Paku Alam dari klub Persib Bandung,” ujar Jerry saat membawa acara itu.

Jerry menjelaskan, bahwa APPI Indonesia 11 Fotballers of The Year 2021/2022 merupakan bentuk apresiasi APPI kepada pesepakbola profesional di Liga 1 atas kerja keras mereka di lapangan. Penghargaan APPI Indonesia 11 merupakan ajang penghargaan dari, oleh dan untuk para pesepakbola di Indonesia.

“Pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2017, berarti sekarang sudah memasuki musim ke empat. Ajang APPI Indonesia 11 adalah puncak untuk pemilihan pemain terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Comitte Eksekutif APPI, Andritany mengatakan, ajang penghargaan APPI dimulai sejak tahun 2017. Awal mula penghargaan ini diberi nama APPI Award, kemudian menjadi Indonesia 11 sejak tahun 2019, dan sekarang bernama Fotballers Of The Year yang terbagi kepada tujuh kategori penghargaan.

Tujuh kategori penghargaan, yaitu the best goal keeper, the best defender, the best miedfilder, the best forward, the best striker, the best young fotboller, the best fans favorit fotballer, dan penghargaan tertinggi the best fotballers.

“Program ini melibatkan pesepakbola sendiri dengan meminta mereka memilih siapa pesepakbola yang terbaik di kompetisi BRI  Liga 1 musim 2021/2022,” ucapnya.

Menurut Andritany, kompetensi kali ini memang tidak mudah, karena dengan format baru tanpa suporter. Pemain yang ke-12 yang biasanya mendukung pertandingan namun sekarang tidak lagi karena kondisi belum pulih pasca Covid-19.

“Mereka yang telah terpilih menjadi terbaik di antara yang terbaik. Mereka memperlihatkan permainan terbaik selama satu musim kompetisi berjalan,” paparnya.

Sementara itu, Teja mengucapkan terimakasih kepada pemain dan APPI karena telah terpilih menjadi the best goal keeper pada musim ini.  Begitu juga untuk keluarga atas dukungan dan doa selama ini.

“Terimakasih juga kepada teman-teman dan pendukung Persib Bandung, sukses bagi kita semua,” kata Teja.

langgam.id