Facebook Beri Fellowship untuk 2 Perempuan Pemimpin Komunitas
TEMPO.CO | 26/09/2018 20:03
Maureen Hitipeuw dari Single Moms Indonesia (kiri) dan Septi Peni Wulandani dari Institut Ibu Profesional (kanan) mendapatkan penghargaan kategori Fellowship dari Facebook. Kredit: Istimewa
Maureen Hitipeuw dari Single Moms Indonesia (kiri) dan Septi Peni Wulandani dari Institut Ibu Profesional (kanan) mendapatkan penghargaan kategori Fellowship dari Facebook. Kredit: Istimewa

TEMPO.CO, Jakarta - Facebook mengumumkan pemenang program Facebook Community Leadership. Di Indonesia, Maureen Hitipeuw dari Single Moms Indonesia dan Septi Peni Wulandani dari Institut Ibu Profesional mendapatkan penghargaan kategori fellowship dari Facebook.

Baca: Kisah Systrom Membangun Instagram, Jual ke Facebook, dan Mundur
Baca: Dua Pendiri Instagram Mundur dari Facebook
Baca: Tempo Jadi Mitra Media Facebook untuk Program Cek Fakta

"Kami merasa terhormat karena setiap hari banyak orang dari penjuru Indonesia menggunakan Facebook untuk saling mendukung dan membangun komunitas. Maureen dan Septi adalah dua contoh pemimpin komunitas. Kami bangga mereka dapat mewakili Indonesia," ujar Facebook Country Director Indonesia Sri Widowati, Selasa, 25 September 2018.

Facebook telah menerima lebih dari 6.000 pendaftaran, dan 115 orang telah terpilih sebagai community leaders in residence, fellow atau youth participants. Kedua wanita itu akan menjadi wakil Indonesia dalam program Facebook Community Leadership.

Maureen dan Sept mendapatkan hadian uang tunai sebesar US$ 50.000 (Rp 746 juta) untuk mendanai inisiatif komunitas yang mereka miliki. Selain pendanaan, komunitas yang masuk dalam program Facebook Community Leadership juga akan mendapatkan pelatihan, bimbingan, dan pengarahan dari Facebook.

"Para pemimpin komunitas kami bekerja tanpa mengenal lelah untuk mewujudkan hal tersebut, baik itu dengan menyelenggarakan kelompok dukungan bagi para ibu, atau menjadi inisiator gerakan amal," kata Widowati.

Tahun depan, keduanya mendapat kesempatan mengunjungi kantor pusat Facebook di Menlo Park untuk bekerja sama dengan tim Facebook yang akan membantu mereka mengembangkan inisiatif komunitas masing-masing.

Lebih dari 1 miliar orang menggunakan Facebook Grup setiap bulannya. Facebook Grup telah membantu banyak orang dalam upaya membangun komunitas yang aman dan saling mendukung satu sama lain, serta mengembangkan lebih jauh komunitas yang sudah ada.

Para pemimpin komunitas memegang peranan penting karena berkat semangat dan dedikasi, komunitas yang dibuat menjadi kuat. Program Facebook Community Leadership dirancang untuk memberdayakan para pemimpin komunitas di seluruh dunia.

Simak artikel menarik lainnya tentang Facebook hanya di kanal Tekno Tempo.co


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT