773 Juta Akun Email Bocor, Kaspersky: Lakukan 4 Langkah Ini
TEMPO.CO | 23/01/2019 11:38
Ilustrasi hacker. (e-propethic.com)
Ilustrasi hacker. (e-propethic.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti keamanan terkenal Troy Hunt melaporkan kebocoran besar yang terdiri dari 773 juta ID email unik dan 21 juta kata sandi unik, yang ia sebut sebagai Collection #1, seperti dilansir laman the next web, pekan lalu.

Baca: 773 Juta Akun Email Bocor, Kaspersky: Peretasan Dipanen Cukup Lama
Baca: 773 Juta Alamat Email Bocor, Cek Email Anda
Baca: Tips Teknologi: Menghindari Penipuan Ransomware Via Email

Perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab menjelaskan bahwa peretasan tersebut sudah dibangun cukup lama. Kaspersky Lab mengimbau kepada seluruh pengguna kredensial email untuk aktivitas online agar melakukan pemeriksaan dengan beberapa langkah, berikut langkah tersebut:

1. Periksa apakah akun email Anda telah menjadi salah satu yang terkena serangan, dengan membuka tautan : https://haveibeenpwned.com/

2. Gunakan kata sandi yang kuat untuk akun Anda yang paling penting dan sensitif (seperti internet banking, pembayaran online atau jaringan media sosial) dan selalu melakukan perubahan secara teratur.

3. Pertimbangkan untuk beralih ke pengelola kata sandi seperti Kaspersky Password Manager. (Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama yang dapat mengamankan akses Anda secara menyeluruh).

4. Selalu terapkan otentikasi dua faktor sebisa mungkin.

Simak artikel lainnya tentang kebocoran 773 juta akun email di kanal Tekno Tempo.co.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT