Kenapa Google Hapus Jutaan Ulasan TikTok di Play Store?
TEMPO.CO | 27/05/2020 08:39
Tik Tok Gandeng Innity Memperluas Pangsa Pasar di 22 Negara.
Tik Tok Gandeng Innity Memperluas Pangsa Pasar di 22 Negara.

TEMPO.CO, Jakarta - Raksasa teknologi Google menghapus lebih dari 5 juta ulasan untuk meningkatkan peringkat TikTok di Play Store. Ulasan pengguna TikTok telah jatuh di Play Store dari 27 juta pengguna menjadi 22 juta pengguna, karena protes masyarakat terhadap konten yang dianggap menyimpang.

Mengutip laman India Today, Senin, 25 Mei 2020, peringkat TikTok sempat berada pada titik terendah meskipun perlahan bangkit sedikit demi sedikit. Peringkat di Play Store TikTok turun, dari lebih dari 4 bintang menjadi 2 bintang dan kemudian turun menjadi 1,2 bintang.

Kritikan keras itu muncul karena banyak video kontroversi yang beredar, khususnya di India. Aplikasi video pendek itu menjadi perbincangan bahkan tagar larangan TikTok di India sempat trending di aplikasi Twitter.

Peringkat TikTok turun tajam minggu lalu karena orang-orang yang marah kepada seorang pengguna TikTok bernama Faizal Siddiqui, menerbitkan video dengan selera yang sangat buruk, di mana ia tampak mempromosikan serangan terhadap wanita dengan menyemprotkan asam di wajah mereka. Video itu kemudian dihapus dari akun pribadinya yang memiliki 14 pengikut.

Alasan lain adalah kemarahan para penggemar YouTuber India terkenal, CarryMinati, yang membanjiri Play Store dengan ulasan bintang 1. CarryMinati juga telah membuat video berjudul YouTube vs TikTok, bagian dari perseteruan yang berkelanjutan antara pengguna YouTube dan TikTok.

Videonya menjadi viral dan dihapus karena melanggar persyaratan layanan YouTube. Ini terjadi karena banyak pengguna TikTok melaporkan video yang mengatakan itu adalah bullying.

INDIA TODAY | EXPLICA | WIONEWS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT